oleh

Meraih Bahagia dan Sukses Dunia Akhirat dengan Sholat Dhuha, Baca Dibawah ini

KENDARINEWS.COM– Shalat dhuha adalah salah satu amalan sunnah yang baik untuk dikerjakan. Banyak sekali manfaat yang menyertai shalat sunnah satu ini.

Shalat dhuha biasanya dikerjakan sebanyak 2 hingga 12 rakaat. Anda bisa memilih untuk mengerjakan jumlah rakaat shalat dhuha sesuai dengan kondisi dan waktu. Perlu juga diperhatikan bahwa shalat dhuha tidak dianjurkan untuk dikerjakan secara berjemaah.

Ya, shalat dhuha sebaiknya ditunaikan secara individu atau sendiri-sendiri. Dan, waktu pelaksanaan shalat dhuha biasanya adalah setelah matahari terbit hingga menjelang waktu sholat zuhur. Estimasi waktu terbaik menunaikan shalat dhuha di Indonesia adalah sekitar pukul 08.00 hingga 11.00 pagi.

Banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan mengerjakan Sholat Dhuha di pagi hari. Salah satu manfaat adalah dicukupkannya kebutuhan hidup oleh Allah SWT bagi mereka yang rajin mengerjakan Sholat Dhuha.

Selain itu Allah juga akan membangunkan rumah indah dari emas di surga. Dengan Sholat dhuha kita meyakini bahwa Allah akan mendukung semua usahanya untuk meraih bahagia dan kesuksesan dunia akhirat.

Dalam salah satu hadis yang diriwayatkan Hakim dan Thabrani, Rasulullah SAW bersabda, “Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat pada waktu permulaan siang (sholat dhuha) niscaya pasti akan aku cukupkan kebutuhanmu pada akhir harinya.”

Sementara segudang manfaat yang diperoleh bagi mereka yang senantiasa mengerjakan sholat dhuha.  Berikut berbagai manfaat yang dapat diperoleh dengan rajin menunaikan ibadah sunnah Sholat Dhuha yang telah dirangkum melalui NU Online dan berbagai sumber lainnya

Diampuni Dosanya

Manfaat sholat dhuha setiap hari yang pertama adalah diampuni segala dosa, seperti yang disabdakan Rasulullah SAW.

Siapa yang membiasakan (menjaga) sholat duha, dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan.”(HR At-Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Sebagai Sodakoh

Manfaat kedua sholat dhuha adalah sebagai pahala sodakoh. Berdasarkan sabda Rasulullah SAW, siapapun yang mengerjakan sholat dhuha dianggap telah bersodakoh atas seluruh anggota tubuhnya.

Terhindar dari Keburukan

Selanjutnya terhindar dari keburukan juga merupakan bagian dari manfaat sholat dhuha setia hari. Apabila kamu melakukan dosa, kamu akan mengingat Allah SWT terlebih dahulu dan berpikir ulang untuk melakukan sesuatu. 

Orang-orang yang menjalankan salat dhuha secara rutin akan dijanjikan oleh pahala dan surga sesuai hadis yang berbunyi:

“Barangsiapa yang shalat dhuha dua rakaat, maka tidak ditulis sebagai orang yang lalai. Barangsiapa yang mengerjakan sebanyak empat rakaat, maka ditulis sebagai orang yang ahli ibadah. Barangsiapa yang mengerjakan sebanyak enam rakaat, maka diselamatkan di hari itu. Barang siapa yang mengerjakan sebanyak delapan rakaat, maka Allah tulis sebagai orang yang taat. Dan barangsiapa yang mengerjakan sebanyak dua belas rakaat, Allah akan membangun surga untuknya.”

Siapapun yang melaksanakan sholat dhuha tak akan dianggap sebagai orang lalai. Maka dari itu, lakukan sholat duha agar terlepas dari sifat lengah dan lalai.

Hadis dari keutamaan tersebut sebagai berikut: “Orang yang mengerjakan sholat dhuha tidak termasuk orang lalai,” (HR. Al-Baihaqi dan An-Nasa’i).

Membuat Istana Surga

Seseorang yang mengerjakan salat duha secara rutin akan mendapatkan istana megah di surga kelak.  “Barang siapa salat duha 12 rakaat, Allah akan membuatkan untuknya istana di surga.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Menyehatkan Jantung dan Ginjal

Manfaat sholat dhuha setiap hari dapat menyehatkan Jantung dan ginjal. Ketika kamu ingin melaksanakan sholat dhuha menjelang waktu dzuhur merupakan waktu tepat untuk mengurangi dampak penyakit jantung dan ginjal. 

Ini disebabkan karena situasi bumi yang berangsur panas pada siang hari. Keadaan bumi tersebut yang mampu mempengaruhi kondisi hati dan sistem pencernaanmu.

Dikabulkan Segala Doa

Manfaat sholat dhuha dikabulkan segala doa. Hal ini bahkan benar adanya dalam QS Al-Isra ayat 78. Di mana dalam surat tersebut dijelaskan jika waktu salat dhuha merupakan jam yang paling ijabah untuk memanjatkan doa.

Jika kamu menjalankan salat sunnah dhuha, maka saat itu juga para malaikat turun ke bumi yang bertujuan untuk menyaksikan sholatnya kaum mukmin. (fin/kn)

Komentar

Tinggalkan Balasan