Pemerintah Tetapkan Kawasan Industri Motui sebagai Proyek Strategis Nasional

KENDARINEWS. COM—PT Nusantara Industri Sejati (NIS) yang memiliki kawasan di Kecamatan Motui tersebut kini telah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat sebagai proyek strategis nasional (PSN). Penetapan PT NIS sebagai PSN tersebut tak lepas dari jerih dan upaya Bupati Konut, H. Ruksamin, dalam berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat, dalam mendukung dan mengurangi angka penggangguran di otoritanya.

“Kecamatan Motui yang kini sebagai lokasi kawasan industri telah ditetapkan sebagai PSN di masa pemerintahan Presiden, Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Kehadirannya tentu untuk pemerataan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di daerah,” ujar Ruksamin, kemarin.

Ia mengaku PSN diatur melalui Peraturan Presiden (Perpres). Sementara pelaksanaan proyeknya dilakukan secara langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah atau Badan Usaha serta Kerja Sama Pemerintah Badan Usaha (KPBU).
Ketua DPW PBB Sultra tersebut bersyukur setelah perjuangan selama ini membuahkan hasil.

“Kami sangat bersyukur dan memberikan suport serta apresiasi. Ditetapkannya sebagai PSN berarti akan mendapatkan perhatian penuh dari Pemerintah Pusat, bahkan beberapa sentra itu pasti akan diprioritaskan,” sambung Ruksamin.

Konut-1 tersebut berharap, dengan penetapan sebagai PSN, percepatan pelaksanaan pembangunan semakin dikebut, termasuk infrastruktur penopang kawasan industri. Ia mengajak masyarakat Konut untuk terus memberikan dukungan, mengingat sejauh ini prosedurnya telah memasuki tahapan ketiga pembebasan lahan.

Sementara Wakil Bupati Konut, Abuhaera, tak luput memberikan apresiasi atas penetapan Pemerintah Pusat menjadikan KIM sebagai PSN.

“Kami selaku Pemkab mendukung penuh ditetapkannya sebagai PSN, karena ini berkaitan dengan perekrutan tenaga kerja ke depan. Penggangguran sudah dipastikan akan berkurang, termasuk pendapatan ekonomi masyarakat akan mengalami peningkatan,” timpal mantan Sekab Konut itu.