Pengelolaan Beasiswa Sultra Cerdas Transparan, Siapa Berminat?

KENDARINEWS.COM–Semua warga Sultra bisa men­gakses program beasiswa Pemprov Sultra ini. Sekarang sudah serba online. Sehingga, informasi pendaf­taran, seleksi penerimaan, termasuk data penerima dilakukan secara online. Tidak ada yang ditutupi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sultra, Asrun Lio menegaskan, program beasiswa Sultra Cerdas transparan. “Pengelolaan data pen­erima beasiswa secara digital. Jadi, semua transparan,” ujar Asrun Lio, kemarin.

Mantan Kadis Dikbud Sultra ini menjelaskan, era sekarang, semua dituntut serba digital. Terlebih dalam pelayanan. Pemerintah mendorong semua serba online sebagai bentuk transparansi. Sep­erti halnya penerimaan beasiswa Sultra Cerdas. Kini semua didor­ong serba digital.

“Ini penting, agar tak ada lagi komplain bagi mereka yang belum berkesempatan menerima bea­siswa. Sebab, berkas-berkas sebe­lumnya yang telah dikumpulkan dan belum tercover beasiswa tetap akan menjadi prioritas. Meski semua serba digital, namun harus tetap ada berkas yang diserahkan secara langsung. Selain itu, untuk pencairan juga langsung ke reken­ing masing-masing penerima,” jelasnya.

Dia menjelaskan, beasiswa Sultra Cerdas ini kembali diperuntukan kepada mahasiswa berprestasi dan kurang mampu. Tidak hanya jen­jang sarjana, namun juga magister dan doktoral.

“Beasiswa ini merupakan bentuk investasi, dalam mempersiapkan generasi unggul dan berprestasi. Kami berharap, Sultra Cerdas dapat merekrut lebih banyak putra-putri terbaik Sultra,” harapnya.

Untuk pengelolaan bantuan program Sultra Cerdas, kata dia, dilakukan melalui bagian pendidi­kan yang ada di Biro Kesra. Dengan syarat penerima, masih sama den­gan tahun sebelumnya.
“Porsi untuk S1, S2, S3 dan kuotanya masih seperti tahun lalu. Begitupun syarat pen­erimaan beasiswa masih sama,” jelasnya.

Jenderal ASN Sultra ini menam­bahkan, untuk anggaran yang dikucurkan tahun ini, hampir sama dengan tahun sebelumnya.

“Nominal beasiswa Sultra Cerdas yang diterima bervariasi atau sesuai dengan jenjang pendidikannya. Untuk jenjang S1 sekira Rp 7,5 juta, S2 Rp 15 juta dan S3 Rp 30 juta,” terangnya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur (Wagub) Lukman Abunawas me­nyampaikan, program beasiswa tahun ini, sama seperti sebelum­nya. Yakni, diperuntukkan bagi mahasiswa kurang mampu dan berprestasi serta merupakan warga Sultra. (KN)

Tinggalkan Balasan

2 komentar

  1. Alhamdulillah, Beasiswa sangat membantu mutu pendidikan di Sultra. Untuk pengurusan nya nanti bagaimana yah ?