Sayangi Ginjal Anda, Mulailah Konsumsi Makanan Kaya Nutrisi Ini

RAGAMKENDARI.COM—Berbagai masalah kesehatan yang bisa menyerang Anda antara lain tekanan darah tinggi, sakit kepala, diabetes, hingga penyakit ginjal. Penyakit ginjal kronis bisa disebabkan oleh pola makan dan gaya hidup

Berikut makanan super yang baik untuk ginjal yang sebaiknya dikonsumsi setiap hari, seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Kacang-kacangan dan biji-bijian Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah makanan super kecil, tetapi ampuh yang mengurangi peradangan dan memuaskan rasa lapar dengan cepat. Kacang-kacangan dan biji-bijian kaya akan protein nabati, serat, antioksidan, lipid yang menyehatkan jantung, dan asam lemak omega-3.

Kacang-kacangan dan biji-bijian bisa membantu pembersihan ginjal dengan lebih efektif karena kaya akan potasium dan fosfor.

2. Bawang putih Bawang putih terkenal dengan kualitas terapeutiknya, dan salah satu bahan utamanya adalah allicin, yang memiliki kualitas antibakteri dan antiinflamasi.

Konsumsi yang sering bisa melindungi fungsi ginjal, menurunkan tekanan darah, dan mencegah penyakit jantung yang terkait dengan kolesterol tinggi.

3. Apel Pektin, serat larut yang bisa menurunkan gula darah dan kolesterol, banyak ditemukan pada apel. Silakan makan kulitnya, karena mengandung banyak antioksidan, termasuk quercetin, yang bisa membantu melindungi jaringan otak.

4. Paprika Paprika merah baik untuk kesehatan ginjal karena kandungan potasiumnya yang rendah. Paprika juga mengandung mineral lain, pewarna, rasa, serat, asam folat, vitamin C, B6, dan A, dan likopen, antioksidan yang melindungi terhadap beberapa jenis kanker.

5. Ikan berlemak Karena kaya akan asam lemak omega-3, ikan berlemak memberikan manfaat kesehatan kardiovaskular dengan mengurangi peradangan. Salmon menurunkan kolesterol darah, sehingga menurunkan risiko penyakit ginjal. Komposisi proteinnya yang berkualitas tinggi meningkatkan kesehatan otot dan umum.(jpnn/kn)

Tinggalkan Balasan