Jemaah Haji Sultra Dijadwalkan Kembali ke Tanah Air Mulai 4 Juli 2024

KENDARINEWS.COM–Saat ini jemaah haji Sultra tengah bersiap kembali ke tanah air. Kepulangannya dijadwalkan pada 4 Juli (28 Dzulhijjah).

Proses dan rangkaian ibadah Haji 1445 Hijriah tuntas setelah ditutup dengan ibadah Nafar (Hari Tasyrik) pada 19 Juni (13 Dzulhijjah).

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Tenggara (Sultra), H. Muhammad Saleh mengungkapkan, saat ini jemaah haji Sultra masih berada di Mekkah dan akan bertolak  Madinah pada 26 Juni (20 Dzulhijjah).

Lanjut dia, keberadaan jemaah haji Sultra di Madinah yakni untuk menanti kepulangan ke tanah air. “Kepulangan jemaah haji terbagi dua. Ada yang pulang dari Makkah juga ada dari Madinah. Kita (Jemaah Haji Sultra) kembali ke tanah air melalui Madinah,” ungkap Saleh.

Saleh berharap, sembari menanti kepulangan ke tanah air, jemaah haji bisa menjaga kondisi kesehatan tubuhnya dengan memperbanyak istirahat dan mengurangi bepergian.

“Kami sarankan jemaah haji beristirahat dan beribadah dihotel. Kurangi bepergian apalagi kondisi cuaca di Arab Saudi saat ini cukup terik sehingga bisa berpengaruh terhadap kondisi kesehatan jemaah,” ungkap Saleh.

Saleh juga berpesan kepada jemaah haji Sultra agar pada saat kepulangannya nanti tidak membawa air zamzam kedalam koper karena sudah ada peringatan dari Kerajaan Arab Saudi.

“Kerajaan Arab Saudi melarang jemaah haji membawa air zamzam ke dalam koper. Jika terbukti membawa, selain dibongkar, jemaah haji juga akan didenda 6 ribu riyal atau setara Rp25 juta jika kedapatan membawa air Zamzam ke dalam koper,” ungkap Saleh.

“Mengacu pada aturan penerbangan otoritas Arab Saudi, air Zamzam ukuran apa pun dan kemasan apa pun dilarang dimasukkan ke dalam tas bawaan penumpang, tas jinjing atau koper bagasi. Kalau melanggar bisa kena sanksi denda dari Kerajaan Arab Saudi,” pungkasnya. (ags/kn)

Tinggalkan Balasan