oleh

Simak Nih, Amalan Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 H

KENDARINEWS.COM–Pemerintah menetapkan Tahun Baru Islam 2022 atau 1 Muharram 1443 H jatuh pada Sabtu 30 Juli 2022. Ada sejumlah amalan yang bisa kita terapkan.Diharapkan umat muslim bisa membuka lembaran yang baru dan meninggalkan berbagai amalan buruk yang pernah dilakukan di tahun yang lalu.

1 Muharram merupakan bulan pertama dalam kalender Hijriyah, dalam bahasa Arab, Muharram berarti haram. Artinya, umat muslim dilarang melakukan peperangan atau hal-hal yang bersifat dosa.

Sebab, bulan Muharram merupakan satu di antara dari empat bulan yang disucikan. Saking istimewanya, hal itu tertuang pula dalam kitab suci Al-Qur’an.

Untuk menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram, umat muslim dianjurkan memperbanyak amalan ibadah. Hal itu karena, ada banyak keutamaan yang diganjar pahala besar dan berlipat ganda bagi yang menjalankannya.

Berikut amalanamalan yang bisa dilakukan di Tahun Baru Islam 2022:

Para ulama sudah mengklasifikasikan jenis amalan yang hendaknya diperbanyak selama bulan Muharram yaitu:

1. Melakukan shalat
2. Berpuasa
3. Menyambung silaturahim
4. Bersedekah
5. Mandi
6. Memakai celak mata
7. Berziarah kepada ulama (baik yang hidup maupun yang meninggal)
8. Menjenguk orang sakit
9. Menambah nafkah keluarga
10. Memotong kuku
11. Mengusap kepala anak yatim
12. Membaca Surat al-Ikhlas sebanyak 1.000 kali.

Sebagaimana yang dilakukan Syekh Abdul Hamid dalam kitabnya Kanzun Naja was Surur Fi Ad’iyyati Tasyrahus Shudur, yang berbunyi:

Ada sepuluh amalan di dalam bulan ‘asyura, yang ditambah lagi dua amalan lebih sempurna. Puasalah, sholatlah, sambung silaturrahim, ziarah orang alim, menjenguk orang sakit dan celak mata,”

“Usaplah kepala anak yatim, bersedekah, dan mandi, menambah nafkah keluarga, memotong kuku, membaca surat al-Ikhlas 1000 kali,”(***)

Komentar

Tinggalkan Balasan