Dulu Dianggap Hama, Ikan Sapu-sapu Kini Dibanderol Rp750 Ribu Per Kilogram

KENDARINEWS.COM — Populasi ikan sapu-sapu atau dikenal ikan tokek di Danau Tempe, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, dulunya sangat meresahkan nelayan. Kini ikan itu bernilai ekonomi, dibanderol Rp750 ribu per kilogram (kg) sebagaimana dilansir Fajar.co.id.

Hal itu dibenarkan oleh Bupati Wajo, Amran Mahmud. Bahkan dirinya sudah menyosialisasikan peluang tersebut kepada masyarakat Desa Pallimae, Kecamatan Sabbangparu, saat melakukan safari ramadan kemarin.

“Sekarang ada solusinya. Setidaknya mengurangi populasi ikan sapu-sapu. Sekarang sudah ada harganya, bahkan bisa meningkat. Seiring berkembangnya produksi pakan dari ikan sapu-sapu ini,” ujar Amran saat ditemui di Kantor Bupati, Rabu, 20 April 2022.

Sementara, Kepala Dinas Perikanan (Diskan) Wajo, Nasfari menilai, selama ini ikan sapu-sapu hanya menjadi hama bagi para nelayan, karena merusak jaring nelayan.

“Sekarang punya nilai ekonomi, bisa digunakan untuk pakan ikan dan komoditi lain,” terangnya.
Dia menyampaikan, pihaknya siap membeli ikan tersebut namun dikeringkan terlebih dahulu. Ikan bercangkang berwarna coklat kehitaman itu dibanderol senilai Rp750 ribu per kg.

“Kita sudah pelajari semua bagian-bagiannya. Ikan dapat dibuat menjadi pakan ternak setelah dicampur dan diolah bersama bahan khusus,” bebernya.

Nelayan pun diimbau untuk memanfaatkan melimpahnya populasi ikan sapu-sapu di Danau Tempe. (Sbr/KN)

Tinggalkan Balasan