oleh

Doa di Jumat Penuh Berkah, Agar Semua Harapan Dikabulkan

KENDARINEWS.COM–Jumat merupakan hari istimewa bagi umat Islam dan juga dikenal sebagai sayyidul ayyam (rajanya hari). Ada banyak keutamaan yang terdapat pada hari Jumat, salah satunya adalah diampuninya dosa selama 80 tahun bagi orang-orang yang berdoa.

Dilansir kumparan.com, Keutamaan ini dijelaskan dalam satu satu hadits. Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa yang bersholawat kepadaku hari Jumat sebanyak 80 kali niscaya Allah mengampuni dosanya selama 80 tahun. Ada yang bertanya kepada beliau, ‘Wahai Rasulullah, bagaimanakah cara bersholawat atasmu?’ Beliau menjawab, ‘Ucapkanlah ‘Allahumma sholli ‘ala Muhammadin ‘Abdika wa Rasulika An-Nabiyyil Ummiy, ini dihitung sekali’.” (HR. Abu Hurairah)

Hari Jumat memang menjadi hari yang utama untuk meningkatkan amal ibadah atau berbuat kebaikan. Jika bersedekah di hari Jumat, Allah akan melipatgandakan pahalanya. Jadi, semua ibadah yang dikerjakan pada hari Jumat mendapat nilai lebih utama ketimbang hari lainnya.

Umat Muslim juga dianjurkan melantunkan banyak doa pada hari Jumat, terutama pada waktu Ashar. Sebab, Ashar disebut waktu yang terbaik untuk memanjatkan doa, seperti yang dijelaskan dalam hadits berikut:

“Pada hari Jumat terdapat suatu waktu, di mana jika ada seorang hamba Muslim yang memanjatkan doa kepada Allah bertepatan dengan waktu tersebut, Allah akan memberi apa yang dia minta. Waktu itu adalah seteah Ashar.” (HR. Ahmad)

Kumpulan Doa di Hari Jumat

Habib Syarief Muhammad Alaydrus dalam buku Agar Hidup Selalu Berkah menuliskan beberapa doa tentang keberkahan yang bisa dipanjatkan pada hari Jumat, yaitu:

1. Doa agar diiberikan keberkahan rezeki dan dihindarkan dari siksa kubur

Allahumma barik lana fi ma razaqtana wa qina adza bannar.

Artinya: “Ya Allah, berikan kami berkah pada rezeki yang telah Engkau berikan dan peliharalah kamu dari siksa neraka

2. Doa agar diberikan keberkahan dalam berkeluarga

Allahumma barik li fi ahli wa barik li ahli fiyya warzuqhum minni warzuqni minhum wajma’bainana majama’ta fi khairin wa farriq bainana ma farraqta fi khairin. Barakallahu li kullin minna fi shahibihi. Allahumma inni as’aluka khairaha wa khaira ma jabaltaha ‘alaihi. Wa a’udzu bika min syarriha wa syarri ma jabaltaha ‘alaihi. Allahumma inni u’idzuha bika wa dzurriyyataha min al-syaithan al-rajim.

Artinya: “Ya Allah, berkahilah aku dalam keluarga dan berkailah keluarga dalam diriku. Anugerahkan rezeki kepada mereka lantaran aku anugerahkanlah rezeki kepadaku lantaran mereka. Satukanlah kami selama engkau satukan dalam kebaikan, dan pisahkanlah kami selama Engkau memisahkan dalam kebaikan. Semoga Allah memberkahi masing-masing dari kami dalam pergaulannya (suami instri). Ya Allah, sungguh aku memohon kepadamu kebaikan istriku dan kebaikan perangai yang Engkau watakkan kepadanya. Dan aku berlindung kepadamu dari keburukan istriku dan keburukan perangai yang Engkau watakkan kepadanya. Ya Allah, sunggu aku memohon perlindungan untuknya dan keturunannya dengan keagungan Zat-Mu dari setan yang terkutuk”

Doa agar diberikan keberkahan hari jumat untuk sesama

Adamallahu lakum barakatal Jumat duhuran, wa albasakum min taqwahu nuron, jumatan mubarakah.

Artinya: “Semoga Allah SWT memberikan berkah kepada kalimat pada hari Jumat ini, serta Allah mengenakan cahaya dari kesalehan hari ini, Jumat yang diberkahi.”

4. Doa agar diberkahi dalam pertolongan Allah SWT

As’adakallah bi sa’ati hadzal yaumi al-mubarak, wa wassa’a alaika rizqaka wa alhamaka dzikrahu, wa ajaba da’wataka, wa zadaka min fadhlihi, wa hafidha dinaka wa ayyadaka binashrihi, wa radhiya anka wa ardhaka an hubbihi wa ‘aninnari ab’adaka wa adkhalaka jannatahu, walil khairi arsyadaka wakafaka niqmatahu.

Artinya: “Semoga Allah SWT memberikan kebahagiaan pada jam-jam di hari Jumat yang diberkati ini, memperluas mata pencaharianmu, memberi inspirasi kepadamu, mengijabah doamu, menambahkan bagimu keutamaan-Nya, menjaga agamamu dan mendukungmu dengan pertolongan-Nya, ridha atasmu, dan meridhaimu dengan cinta-Nya dan menjauhkanmu dari neraka lalu memasukkanmu ke surga, memberi petunjukmu kepada kebaikan dan melindungimu dari bencana-Nya.”

Doa agar dihindari dan diberkahi dalam musibah

Barakallahu laka wa baraka ‘alaika wa jama’a bainakumaa fii khairin.

Artinya: “Semoga Allah memberi berkah untukmu dalam kebaikan. Semoga Allah memberi berkah dalam musibahmu. Dan semoga Allah mengampuni kalian berdua (sebagai suami istri) dalam kebaikan.”(imr/kn)

Komentar

Tinggalkan Balasan