Jamaah Calon Haji (JCH) Kloter 28 UPG Kota Kendari Siap melaksanakan Ibadah di ARMUZNA.

KENDARINEWS.COM–Jemaah Calon Haji (JCH) Kota Kendari yang tergabung dalam Kloter 28 UPG berjumlah 450 jamaah bersiap melaksanakan ibadah di Armuzna.

Pembimbing Ibadah Kloter 28 UPG Dr.H. Samsuri, M.Pd melaporkan dari Kota Suci Mekkah mengatakan Jamaah Haji Kloter 28 Kota Kendari berjumlah 450 Jamaah, terdiri dari 442 orang jamaah dan 8 orang petugas kloter, masing2, Ketua Kloter, Pembimbing Ibadah, Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) dan Pembimbing Haji Daerah (PHD) yaitu. 160 laki2 dan 290 perempuan.

” Kondisi kesehatan Jamaah alhamdulillah baik, sehat. Hanya ada 1 JCH yang dirawat di Rumah Sakit Kesehatan Haji Indonesia di Mekkah atas nama Ibu Hayati Baco (51) mengidap penyakit Saraf Terjepit pada Tulang belakang. Jamaah tersebut akan mengikuti Safari Wukuf pd saat jamaah haji Wukuf di Arafah, sebagai saru ikhtiar dalam memenuhi rukun Haji.” kata Samsuri.

“Tanggal 8 Dzulhijjah, hari ini Jumat adalah hari dimulainya pergerakan JCH dari Mekkah menuju Arafah. Di Arafah jamaah akan melakukan berbagai ibadah, seperti Shalat, zikir, tadarrus Al Quran, Tausyiah dan puncaknya mendengarkan Khutbah Wukuf hingga puncaknya 9 Dzulhijah,” urai Samsuri

Setelah rangkaian kegiatan ibadah di Arafah tuntas, jamaah haji akan berangkat menuju Muzdalifah untuk melakukan Mabid ( bermalam / istirahat sejenak sampai lewat tengah malam 10 Zulhijjah).

Musim Haji tahun ini, Mabid di Muzdalifah dilaksankan dengan 2 cara yaitu:

Cara pertama, jamaah dari Arafah, saat masuk di Muzdalifah tidak turun dari kendaraan atau tetap didalam Bus. Kemudian beberapa saat melanjutkan perjalanan menuju ke Mina. Murur diikuti oleh jamaah Lansia, Sakit dengan resiko tinggi, disabilitas dan diikuti oleh pendamping masing masing jamaah beserta petugas kloter. Semuanya berjumlah 128 orang.

Mabid dengan cara biasa yaitu Jamaah yang dari Arafah tetap turun dari Bus dengan melakukn beberapa ibadah, sampai melewati tengah malam baru menuju Mina.
JCH Kloter 28 UPG Kota Kendari, akan Mabid d Mina selama 3 hari yaitu pada tanggal 10,11 dn 12 Dzulhijjah, dengan mengambil Nafar Awwal. Selama di Mina, JCH akan melakukan berbagai kegiatan Wajib Haji yaitu melontar jumrah Aqabah, Wustha dan Ula’, disamping ibadah2 harian lainnya.

“Setelah rangkaian di ARMUZNA selesai, dan kembali ke Mekkah, masih ada rukun dan wajib haji yang harus di tunaikn oleh setiap jamaah yaitu Thawaf Ifadha, Sai dan Tahallul Tsani. Kemudian ketika hendak meninggalkan Kota Mekkah akan melakukan Thawaf Wada’ atau tawaf Pamitan.” tandas Samsuri (kn)

(kn)

Tinggalkan Balasan