oleh

Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai Cantik Nan Eksotik

KENDARINEWS.COM–Rawa Aopa Watumohai adalah taman nasional dengan cagar alam yang terlindungi ekosistemnya. Di dalamnya ada hutan tropis, hutan bakau, sabana, dan hutan rawa air tawar. Ada juga babi rusa, anoa, dan burung endemik. Kawasan taman nasional ini sebagian besarnya terdiri dari lahan basah. Taman nasional ini memiliki peran penting untuk menjaga kelestarian alam di bumi.

Seperti yang dilansir laman Dispar Provinsi Sultra, Taman Nasional ini memiliki keindahan yang tiada tara. Dengan keberagaman dan keindahan area pegunungan yang ada dijamin siapapun akan betah untuk menjelajah. Taman nasional ini juga bisa menjadi sarana belajar tentang keragaman yang dimiliki oleh Indonesia. Pesona yang dimiliki pun akan membuat kagum wisatawan

Taman Nasional ini berada di empat kabupaten, yakni Kabupaten Bombana, Kabupaten Konawe selatan, Kabupaten Konawe dan Kabupaten Kolaka timur. Memiliki wilayah seluas 1.050 km² dan ketinggian taman yang bermacam-macam di ketinggian 981 m diatas permukaan laut.

Untuk dapat melihat keindahan Taman Nasional ini harus mendapatkan izin masuk dahulu dengan datang ke balai TN yang terletak di Jalan Poros Bombana No. 157 Lanowulu, Tinanggea, Konawe Selatan. Setelah mendapatkan izin barulah bisa menikmati keindahan di tempat yang masih asri.

Pesona yang ditawarkan oleh Taman Nasional ini beragam dari kekayaan alamnya dan juga flora faunanya. Apa saja pesona yang ditawarkan? 

Wilayah taman nasional ini menjadi tempat perlindungan satwa langka dan endemik. Tercatat ada 155 jenis burung, 37 diantaranya jenis burung endemik dan 32 jenis burung langka. Hewan-hewan seperti babi rusa, anoa, buaya muara, musang sulawesi, rusa, dan beberapa jenis primata seperti monyet hitam dan tangkasi berada di kawasan ini.

Kawasan ini juga memiliki 323 spesies tanaman disebabkan karena ekosistem yang bermacam-macam.  Dengan keragaman hayati yang disuguhkan akan membuat pengunjung betah berlama-lama di tempat ini. Dengan alam yang masih asri dan tidak tersentuh dengan kesan kota bisa membuat hati tenang.

Memanjakan mata dengan luasnya pemandangan yang indah. Tumbuhan yang tumbuh di Gunung Watumohai ini memiliki berbagai jenis dari pohon rotan hingga liana. 

Selain alam yang hijau, terdapat padang sabana yang luas pastinya Anda tidak mau ketinggalan untuk pemandangan yang satu ini bukan? Jika sudah lelah berkeliling bisa beristirahat di shelter tidak lupa dengan suguhan pemandangan melalui menara pandang. Selain itu, taman nasional ini memiliki muara bernama Muara Lanowulu. Sekeliling muara ini tumbuh hutan bakau dengan lebat. Bisa juga menjelajahi muara ini dengan perahu motor. Di taman nasional ini terdapat pulau di tengah rawa yang disebut dengan sebutan Pulau Harapan II. 

Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai mempunyai kelestarian alam yang sangatlah kaya, Keragaman flora dan fauna yang cocok menjadi destinasi berlibur sambil belajar dengan anak-anak.  

Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terkini