Cegah Stunting, Sekda Jadi Orang Tua Asuh di Baruga

KENDARINEWS.COM—Mewujudkan kota zero Stunting, Pemkot Kendari memaksimalkab Program Orang Tua Asuh.

Sekretaris Daerah (Sekda) Ridwansyah Taridala berkesempatan menjadi orang tua asuh di Kelurahan Baruga.

Kemarin, Ridwansyah menyalurkan bantuan kepada salah satu balita yang mengalami stunting di kelurahan tersebut. Ia menjelaskan, bantuan yang disalurkan merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan kesehatan anak.

“Kami harap bantuan ini bisa membantu masyarakat agar bisa terbebas dari masalah stunting. Stunting ini merupakan tanggungjawab kita bersama sehingga perlu mendapat perhatian semua pihak,” ungkap Ridwansyah Taridala.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdalduk KB), Andi Dadjeng mengatakan, Program Orang Tua Asuh merupakan upaya dari Pemkot Kendari untuk mencapai target penurunan stunting menjadi 14 persen tahun ini.

Guna mencapai target tersebut, kata Andi Dadjeng, pihaknya mengimbau seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada untuk menjadi orangtua asuh dilingkungan masing-masing.

“Para pejabat Pemkot Kota Kendari mulai dari Kabid (Kepala Bidang) hingga Kepala Dinas (Kadis) wajib menjadi orang tua asuh dilingkungannya. Pejabat di Pemkot wajib menyalurkan bantuan makanan tambahan setiap bulan,” ungkap Andi Dadjeng.

Mantan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kora Kendari ini menambahkan, program orang tua asuh yang dijalankan sejak tahun lalu (2023) berhasil menekan prevalensi stunting menjadi 17 persen dari sebelumnya (2022k tercatat sebesar 19,5 persen.

“Program ini berhasil menekan angka stunting. Mudah-mudahan semakin banyak orang tua asuh di Kendari bisa membantu pemerintah mencegah stunting ditengah masyarakat,” pungkasnya. (KN)

Tinggalkan Balasan