Disketapang Buton Gelar GPM, Libatkan UMKM

Kendarinews.com – Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) Kabupaten Buton kembali menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) di Pasarwajo 1 April kemarin di Baruga Pasarwajo. Kali ini, ragam kebutuhan masyarakat yang disiapkan lebih banyak. Selain beras SPHP, Minyak Goreng dan Gula Pasir, Disketapang juga menyediakan prodak Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Buton La Lodi mengatakan pelibatan UMKM sengaja dilakukan untuk membantu mereka mendapatkan ruang menjajakkan prodaknya. “Jadi banyak kue-kue juga. Karena jelang lebaran itu kue semacam barang wajib. Selain kue ada juga sayuran,” katanya.

Seperti pengalaman di lokasi lain, Pasar Murah di ibukota juga diserbu warga. Standar harga dibawah harga pasar menjadi alasan warga menyambut antusias GPM yang digelar pemerintah. “Beras SPHP 5 kg Rp 55 ribu.Minyak goreng 1 liter Rp 15 ribu dan Gula pasir Rp 17,500,” rincinya.

GPM itu juga dirangkaikan dengan Apel Siaga Pengamanan Pasokan Harga Pangan Jelang Idul Fitri
Sekretaris Daerah Kabupaten Buton Asnawi Jamaludin didampingi oleh jajaran Forkopimda bersama sejumlah OPD Lingkup Pemda Buton mengikuti Apel Siaga tersebut secara virtual melalui media zoom meeting. (lyn)

Tinggalkan Balasan