Keluar Air Mani saat Kondisi ini Tidak Membatalkan Puasa!

KENDARINEWS.COM — Selama bulan suci Ramadhan, umat Islam diingatkan untuk menjaga ibadah puasanya dari segala yang dapat membatalkannya, termasuk makan dan minum secara sengaja, hubungan seksual, hingga memasukkan sesuatu ke dalam hidung atau telinga. Salah satu hal penting yang perlu diwaspadai adalah keluar air mani, yang menurut ulama memiliki aturan khusus terkait apakah itu membatalkan puasa atau tidak.

Keluar air mani karena hubungan seksual suami istri selama berpuasa di bulan Ramadhan dipastikan membatalkan puasa. Tindakan ini tidak hanya mengakibatkan batalnya puasa tetapi juga mengharuskan pasangan tersebut membayar kafarat. Kafarat yang diberlakukan adalah sangat berat, di mana pasangan diharuskan membebaskan seorang hamba sahaya perempuan yang beriman dan tidak cacat. Apabila tidak mampu, mereka harus berpuasa selama dua bulan berturut-turut atau memberi makan 60 orang miskin dengan porsi tertentu.

Keluar air mani juga dapat membatalkan puasa jika disebabkan oleh tindakan sengaja menonton film porno atau pasangan suami istri yang bercumbu hingga terjadi ejakulasi, meskipun tanpa melakukan hubungan seksual. Hal ini dikarenakan adanya unsur kesengajaan yang membangkitkan syahwat.

Tinggalkan Balasan