Siapa Layak jadi Pj Wali Kota Kendari? Simak Pernyataan Mereka

“Dalam waktu dekat, kita akan usulkan nama-namanya (calon Pj Wali Kota Kendari). Kalau sudah diusulkan, selebihnya menjadi kewenangan Kemendagri memutuskan. Tunggu saja prosesnya,” ungkap Ali Mazi, kemarin. Sebelumnya, Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sultra, Muliadi mengatakan, pihaknya telah menerima petunjuk teknis (juknis) terkait pengusulan Pj Wali Kota Kendari dari Kemendagri.

“Jadi juknis sudah ada. Batas pengusulan nama calon Pj wali kota sampai 16 September,” ujar Muliadi. Dikatakan, juknis yang diterima tersebut, khusus usulan pejabat dari Pemprov Sultra. “Saat ini, kami tinggal menunggu petunjuk pimpinan. Terkait nama-nama yang akan diusulkan menjadi Pj wali kota,” jelasnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, secara umum nama-nama pejabat eselon II provinsi telah masuk ke Kemendagri. Namun, tentu saja akan dilakukan verifikasi kembali setelah ada usulan calon Pj wali kota. “Jadi setelah nama tersebut diusulkan, maka akan diverifikasi kembali. Karena akan dilihat rekam jejaknya dan dipelajari. Termasuk background selama menjadi ASN,” imbuhnya.

Untuk diketahui, selain DPRD dan Pemprov, Kemendagri juga berhak mengusulkan tiga nama calon Pj wali kota Kendari. Sehingga, total ada sembilan nama yang bakal diserahkan ke tim penilai akhir. (kn)

Tinggalkan Balasan