oleh

Dihantam Puting Beliung, 18 Rumah Warga Rusak

KENDARINEWS.COM– Bencana angin puting beliung kembali terjadi di Kabupaten Kolaka, tepatnya di Desa Puubunga, Kecamatan Baula, Senin (12/9) sore. Meski tak menimbulkan korban jiwa, musibah tersebut sempat membuat warga panik dan berhamburan keluar rumah. Sebab, angin puting beliung tersebut membuat sejumlah rumah rata dengan tanah.

Camat Baula, Syahrial Darmawan mengungkapkan, pihaknya telah mendata sejumlah rumah yang rusak akibat terjangan puting beliung. Kata dia, ada 18 rumah di Desa Puubunga yang rusak akibat bencana tersebut.

“18 rumah yang rusak itu ada yang rusak berat dan ada yang rusak ringan. Semua rumah yang rusak itu terdapat di Dusun IV, Mekar Sari,” ungkapnya.

Mendapat informasi tersebut, kata Syahrial pihaknya langsung turun ke lapangan dan melakukan koordinasi dengan instansi terkait untuk membantu korban. Adapun warga yang rumahnya rusak berat untuk sementara waktu menggunakan tenda darurat.

“Semua rumah yang rusak sudah didata. Kami juga sudah koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kolaka agar membantu perbaikan rumah korban. Semua korban juga tadi sudah diberi bantuan sembako dari Dinas Sosial Kolaka,” ujarnya.

Walau tak ada korban jiwa, kata Syahrial bencana puting beliung tersebut sempat seorang anak karena terlilit kabel. Namun, kondisi korban sudah membaik.

“Korban sempat truma dan tidak bisa bica. Tapi Alhamdulillah saat ini kondisinya sudah mulai membaik. Listrik yang juga tadi sempat padam sudah ditangani oleh pihak PLN dan kini sudah kembali menyala,” tuturnya. (fad/kn)