oleh

Distan Siapkan 325 Dosis Vaksin Anti Rabies

KENDARINEWS.COM–Untuk memperingati hari anti rabies sedunia pada 28 September 2022 Dinas Pertanian dalam hal ini Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Kota Kendari, telah menyiapkan 325 dosis vaksin anti rabies yang akan disuntikan ke anjing peliharaan.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Santiwati mengatakan program vaksinasi anti rabies pada Anjing ini merupakan program tahunan yang rutin diadakan. Hal itu dilakukan guna meningkatkan kesadaran masyarakat serta pencegahan dan pengendalian penyakit rabies,utamanya pada hewan peliharaan seperti Anjing. Tahun 2021 Distan mendapat 500 dosis vaksin anti rabies sedangkan tahun ini hanya 325 dosis saja.

” Tahun ini semua kabupaten termasuk kota Kendari hanya mendapatkan 325 dosis saja. Stok yang diberikan kepada kami semuanya berasal dari Provinsi supaya kebagian dengan kabupaten/kota lainya, sehingga hanya diberi 325 dosis saja. Kami juga hanya melakukan di anjing peliharaan saja, tidak untuk anjing liar,” ujarnya saat diwawancara, Selasa (16/8).

Saat ini Distan dan tim dokter hewan lanjutnya, sudah melakukan vaksinasi anjing ini kurang lebih satu bulan lamanya dan progresnya telah mencapai 90 persen.

“Sudah hampir 90 persen karena teman-teman dari dokter hewan kami sudah jalan satu bulan. Jadi sisa beberapa hari lagi untuk menghabiskan dosis yang masih ada. Kami menargetkan vaksinasi anjing ini berjalan 100 persen atau 325 dosis itu habis semua,” jelasnya.

Ia menambahkan, syarat hewan yang telah di vaksin anti rabies ini merupakan anjing peliharaan yang telah melalui pendaftaran secara mobile atau online. Vaksinasi ini akan tersebar di 11 Kecamatan yang ada di Kota Kendari secara menyeluruh.

” Meski belum ada kasus, terkait gigitan anjing rabies. Namun fokus utama dari vaksinasi itu masih tetap menjadi yang prioritas.(win/kn).

Komentar

Tinggalkan Balasan