oleh

Dzikir dan Doa Malam Jumat yang Disunnahkan Rasulullah SAW

KENDARINEWS.COM–Umat Muslim dianjurkan untuk selalu berdoa kepada Allah kapan pun dan di mana pun tanpa batasan waktu. Sebab, doa adalah cara paling tepat untuk menunjukkan bahwa seseorang sangat membutuhkan Allah.

Manusia harus ingat dan sadar bahwa apa yang ia peroleh di dunia seluruhnya adalah dari dan milik Allah SWT. Mereka yang tidak mau berdoa termasuk orang yang merugi.

Allah SWT berfirman dalam surat Al Gafir ayat 60 yang berbunyi:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُوْنِيْٓ اَسْتَجِبْ لَكُمْ ۗاِنَّ الَّذِيْنَ يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِيْ سَيَدْخُلُوْنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيْنَ

“Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Ku-perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.”

Ada beberapa doa yang dapat dipanjatkan di hari-hari khusus. Salah satunya di hari Jumat sebagai hari yang dimuliakan dalam Islam. Lantas, bagaimana bacaan doa malam Jumat yang disunnahkan Rasulullah SAW?

Bacaan Doa Malam Jumat

Mengutip buku Doa dan Dzikir Khusus Wanita oleh Muhammad Alcaff, berikut doa malam Jumat yang bisa dipanjatkan agar mendapat rahmat dan berkah yang melimpah dari Allah SWT:

للَّهُمَّ اَنْتَ رَبّي لاَ اِلَهَ إلاَّ اَنْتَ خَلَقْتَنِي وَاَنَا عَبْدُكَ وَابْنُ اَمَتِكَ وَفِي قَبْضَتِكَ وَنَاصِيَتِي بِيَدِكَ اَمْسَيْتُ عَلَى

عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْـتَطَعْتُ اَعُوذُ بِرِضَاكَ مِنْ شَـرِّ مَا صَنَعْتُ اَبُوءُ بِنِعْمَتِكَ وَاَبُوءُ بِذُنُوبِى فَاغْفِرْ لِى ذُنُوبِى اِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إلاَ اَنْتَاَ

Allahumma anta robbi la ilaha illa anta kholaqtani wa ana ‘abduka wabnu amatika wafi qobdhotika wa nashiyati biyadika amsaitu ‘ala ‘ahdika wa wa’dika mastatho’tu a’uzu biridhoka min syarri ma shona’tu abu-u bini’matika wa abu-u bizunubi faghfirli zunubi innahu la yaghfiruz zunuba illa anta

Artinya: “Ya Allah, Engkaulah Tuhanku, tiada Tuhan kecuali Engkau. Engkaulah yang menciptakan aku dan aku adalah hamba-Mu, putra hamba-Mu dan berada dalam genggaman-Mu dan nasib ku berada di tangan-Mu. Aku memasuki petang ini atas perjanjian kepada-Mu sesuai dengan kemampuanku, aku berlindung dengan rida-Mu dari keburukan perbuatanku, aku kembali kepada-Mu dengan nikmat-Mu dan aku kembali kepada-Mu dengan membawa dosa-dosaku, maka ampuni dosa-dosaku, karena tidak ada yang mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau.”

Selain doa di atas, ada pula dzikir yang bisa diamalkan di malam Jumat khususnya oleh wanita. Siapa yang mengamalkannya sebanyak sepuluh kali, seribu kebaikan akan dicatat di buku amalnya dan seribu keburukan akan dihapus dari sana.

Berikut bacaannya:

Allahumma yaa daaimal fadli ‘alal bariyyah yaa baasithal yadaini bil’athiyyah yaa shaahibal mawahibissaniyyah sholli ‘alaa sayyidina Muhammadin khoiral waraa sajiyyah waghfir lii yaadzal ‘ulaa fii haadzihil ‘asyiyyah

Artinya: “Ya Allah , wahai Dzat yang langgeng anugerahnya kepada manusia, wahai dzat yang membentangkan kedua tangannya dengan pemberian. Wahai Dzat yang mempunyai pemberian-pemberian yang luhur. Limpahkanlah rahmat dan salam kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, sebaik-baiknya manusia di dalam budi pekertinya/akhlaqnya. Dan ampunilah aku, wahai dzat yang mempunyai keluhuran di malam ini.”(net/kn)

Komentar

Tinggalkan Balasan