16 Kelurahan di Kendari Kebagian Proyek Padat Karya, Dananya Sudah Masuk ke Rekening BKM

Metro Kendari

KENDARINEWS.COM — Ada kabar gembira bagi masyarakat terdampak covid-19. Pasalnya, dana padat karya tahun ini sudah dicairkan pemerintah per 7 April 2021. Di Kendari, ada 16 kelurahan yang beruntung mendapatkan bantuan tersebut. Program padat karya diharapkan bisa mengakomodir warga terdampak. Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengatakan program tersebut sangat positif untuk meningkatkan daya beli masyarakat di masa pandemi covid-19. Apalagi banyak masyarakat yang harus kehilangan mata pencaharian lantaran dirumahkan bahkan mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) karena ketidakmampuan pemberi kerja.

“Tentu program padat karya ini sangat baik untuk membantu saudara-saudara kita yang sedang mengalami kesulitan. Saya minta kepada Pemerintah Kelurahan dan BKM (Badan Keswadayaan Masyarakat) agar betul-betul melakukan pendataan kepada saudara kita yang membutuhkan. Mereka harus diberi kesempatan dalam program ini untuk kehidupan yang lebih baik,” kata Sulkarnain Kadir.

Terpisah, Kordinator Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Kota Kendari La Ngakarisu mangaku pencairan dana padat karya telah dilakukan pemerintah pertangga 7 April. Bantuan tersebut langsung masuk ke rekening BKM di setiap kelurahan. “Sudah terbit SP2D (Surat Perintah Pencairan Dana)-nya. Jadi hari ini sudah masuk ke rekening BKM. Kami akan bantu fasilitasi hingga ditingkat masyarakat,” kata La Ngakarisu.

Program padat karya atau Cash For Work kata dia, merupakan bagian dari Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) skala lingkungan. Tahun ini, pemerintah telah menganggarkan sekira Rp 6,8 miliar untuk program kotaku. Rinciannya sebesar Rp 4,8 miliar dana padat karya di 16 kelurahan dan Rp 2 miliar untuk program reguler di dua kelurahan yakni Lalolara dan Bonggoeya. “Tapi yang cair baru dana padat karya. Setiap kelurahan dapat Rp 300 juta. Kalau program reguler masih disusun dokumen pencairannya. Paling lambat Mei sudah cair,” kata La Ngkarisu.

Sekedari informasi, 16 Kelurahan yang menerima bantuan padat karya pembangunan saran infrastruktur sosial yakni Rahandouna, Poasia, Anduonohu, Benua Nirae, Tobimeita, Alolama, Baruga, Lepo-lepo, Watubangga, Wundudopi, Anaiwoi, Wawowanggu, Pondambea, Mokoau, Watulondo dan Wuawua. (b/ags)

Kotaku Skala Lingkungan 2021

  1. Padat Karya
    -16 Kelurahan
    -Tiap Kelurahan dapat Anggaran Rp 300 Juta
  2. Reguler
    -Lalolara dan Bonggoeya
    -Tiap Kelurahan dapat Anggaran Rp 1 Miliar

Tinggalkan Balasan