Ini Pesan Pj Gubernur Sultra Dalam Momen Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia

KENDARINEWS.COM-Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLH) atau World Environment Day diperingati setiap 5 Juni. Peringatan ini ditetapkan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) saat Konferensi Stockholm di Jerman, pada 5 Juni 1972.

Peringatan HLH Sedunia tahun 2024, secara global mengangkat tema: Land Restoration, Desertification, and Drought Resilience. Sedangkan di Indonesia, tema yang diangkat: Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan.

Penjabat (Pj) Gubernur Sultra, Komjen Pol (P) Dr (HC) Andap Budhi Revianto tak melewatkan momen penting ini, untuk memberikan ucapan selamat. Sekaligus memberikan pesan penting kepada stakeholder agar lebih peduli terhadap kondisi lingkungan.

“Semoga melalui Peringatan HLH Sedunia tahun 2024 ini, menjadi pengingat bagi kita semua, seluruh pemangku kepentingan, agar peduli terhadap isu-isu lingkungan. Sekaligus juga mendorong masyarakat untuk mengambil aksi nyata menjaga kelestarian lingkungan,” ungkap Andap Budhi Revianto dalam keterangan tertulisnya, Rabu (5/6/2024).

Sekjen Kemenkumham RI ini juga mengajak seluruh pemangku kepentingan, agar menyelesaikan masalah iklim melalui sebuah inovasi. Termasuk upaya pemulihan lahan dengan melibatkan teknologi dan inovasi.

“Kedepankan prinsip keadilan dan inklusivitas dalam menghadapi isu-isu lingkungan,” ujarnya. Lebih jauh Andap menjelaskan, solusi permasalahan iklim, harus bisa dirasakan manfaatnya oleh semua lapisan masyarakat. Termasuk pelibatan komunitas lokal dalam proses pengambilan keputusan, untuk mengelola dan mengakses sumber daya alam. (KN)

Tinggalkan Balasan