Dedikasi Melestarikan Budaya dan Adat Istiadat, Yusup Terima Gelar Kebangsawanan Kerajaan Solo

KENDARINEWS.COM–Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup menerima gelar kebangsawanan dari Kerajaan Solo, kemarin.

Penghargaan diberikan karena Yusup dinilai berdedikasi dalam melestarikan budaya dan adat istiadat Nusantara khususnya di Kota Kendari.

Muhammad Yusup mendapatkan gelar Kanjeng Raden Tumenggung Yusup Joyodipuro. Bukan hanya Yusup, sang istri Ira Willis Kesumadoty juga meraih gelar kebangsawanan Kerajaan Solo yakni Kanjeng Mas Tumenggung Ira Willis Kesumadoty Sulistyaningtyas. Gelar kebangsawanan ini diberikan langsung oleh Raja Surakarta, Sampeyandalem Ingkang Sinuhun Kanjeng Susuhunan Paku Buwono XIII.

Pj Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup menyambut baik gelar kebangsawanan dari Kerajaan Solo. Menurutnya, menjadi bagian dari keluarga besar keraton Surakarta merupakan sebuah kebanggan tersendiri bagi dirinya secara pribadi dan menjadi kebanggan daerah secara umum.

Lanjut dia, pemberian gelar tersebut bukan hanya sekedar pengakuan atas dirinya, melainkan juga menjadi komitmen kerajaan solo untuk melestarikan kekayaan budaya nusantara. Yusup yakin pemberian gelar ini akan semakin mempererat hubungan antara Pemkot Kota Kendari dan Kerajaan Surakarta.

“Ini atensi yang besar dari Keraton Solo yang menjadikan saya bagian dari keluarga besarnya dengan memberikan gelar Kanjeng Raden Tumenggung. Ini adalah penghargaan yang luar biasa bagi saya dan diakui oleh dunia,” ungkap Yusup.

Atas penghargaan yang diberikan, Yusup mengajak semua pihak untuk bersama menjaga warisan budaya agar tetap lestari untuk generasi mendatang serta menggunakan kekayaan budaya nusantara sebagai landasan untuk mencapai kemajuan yang bangsa dan negara.

“Saya mengajak kepada semua pihak untuk bekerja keras memperjuangkan kepentingan dan kehormatan masyarakatnya, serta dalam menjaga dan mempromosikan nilai-nilai budaya yang kaya di tengah-tengah tantangan zaman modern ini,” pungkasnya. (ags/KN)

Tinggalkan Balasan