Bahas RPJPD, Pemkot Libatkan Stakeholder

KENDARINEWS.COM–Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari bersama stakeholder terkait, mulai membahas Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) tahun 2025-2045. Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu memimpin langsung kick off pembahasannya di Balai Kota Kendari, kemarin.

Pejabat Pemkot mulai Kepala OPD hingga lurah hadir dalam pertemuan tersebut. Termasuk sejumlah pejabat provinsi, pimpinan DPRD Kendari, termasuk Direktur Kendari Pos, Irwan Zainuddin.

Pembahasan RPJMD ini sebagai bagian dari upaya Pemkot Kendari mendukung visi Indonesia Emas 2045.

”Kick off ini bertujuan, untuk memberikan penjelasan teknis dan informasi yang diperlukan, sebagai langkah awal penyusunan RPJPD Kota Kendari 2025-2045. Intinya Pemkot Kendari mendukung penuh visi Indonesia Emas 2045,” ungkap Kepala Bappeda Kota Kendari, Cornelius Padang.

Dia menyampaikan, tujuan kick-off RPJPD ini adalah untuk memberikan penjelasan teknis, serta data informasi yang diperlukan untuk penyusunan awal RPJPD.

Sementara itu, Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu mengatakan, RPJPD ini harus dikoordinasikan dan sinkronisasikan, agar ke depan hasil yang sudah direncanakan, sesuai dan tepat waktu dalam implementasinya.

”Kick-off ini adalah awal tahapan dari penyusunan RPJPD, untuk itu diperlukan koordinasi dan sinkronisasi agar ke depan penyusunan dokumen tersebut berjalan tepat waktu,” ungkapnya usai membuka pembahasan RPJPD 2025-2045.

Asmawa menambahkan, RPJPD ini sangat strategis, karena Pemkot Kendari harus bisa menerjemahkan rancangan yang selaras dengan visi misi nasional, Indonesia Emas 2045. Asmawa berharap time line penyusunan R P J P D ini, dapat dipenuhi sehingga Kota Kendari tidak tertinggal nantinya.

”Ini harus kita perhatikan time line, penyusunan RPJPD agar dapat dipenuhi ketepatan waktunya. Jangan sampai kereta sudah jalan baru kita datang ke stasiun, artinya terlambat,” imbuhnya. (ags/kn)

Tinggalkan Balasan