Pembangunan Inner Ringroad, Progres 85 Persen, Rampung Desember 2023

KENDARINEWS.COM–Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari memastikan pembangunan Jalan Kembar Kali Kadia (Inner Ringroad) rampung pada Desember 2023. Saat ini proses pembangunan masuk tahap lelang pasca penghentian sementara proyek Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) itu. 

ON THE TRACK: Pembangunan Inner ring road masih on the track. Progresnya sudah mencapai 82 persen. Saat ini sudah masuk pemasangan jembatan. Pemkot optimis Maret mendatang tuntas

Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu optimis pembangunan Jalan Kembar Kali Kadia tuntas tahun ini. Itu menyusul proses lelang yang sementara berlangsung pasca pengehentian sementara karena adanya kendala teknis dalam pengerjaannya. 

“Kita yakin pada tahun ini Insya Allah proyek itu akan selesai karena kita akan mencari pelaksana pekerjaan yang betul-betul kapabel, punya modal, punya sarana dan prasarana peralatan, dan punya material yang ada tanpa menambah anggaran di APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah). Saat ini progresnya sudah 85 persen,” ungkap Asmawa Tosepu, kemarin

Ia pun meminta seluruh pihak terkait termasuk masyarakat untuk mendukung penuh program dan proses yang sedang berjalan. Itu penting dilakukan agar pembangunan bisa berjalan lancar. “Kami harap masyarakat mendukung pembangunan proyek ini, ” tuturnya. 

Kepala Biro Umum Sekretariat Kemendagri ini yakin, kehadiran jalan kembar kali kadia bisa mengurai kemacetan Kota termasuk mendukung mobilitas warga dan perekonomian daerah. 

Senada, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Erlis Sadya Kencana mengungkapkan pembangunan jalan kembar masih dalam tahap lelang. Ia tak menampik jika dalam prosesnya pihaknya menemui kendala karena penanggungjawab sebelumnya mengalami (PT Istaka) pailit. 

“Ini menjadi PR (Pekerjaan Rumah) bagi kami untuk segera melanjutkan. Tapi tidak serta merta kita melanjutkan karena ada tahapan dan mekanisme yang harus kita tindak lanjuti misalnya menunggu hasil kajian, perhitungan dari penyedia, Dinas PUPR, APIP (Aparat Pengawas Intern Pemerintah),”  ungkap Erlis. 

Ia menambahkan, pengerjaan lanjutan  Inner Ringroad akan segera dimulai jika telah ditemukan pemenang tender proyek senilai Rp 204 miliar itu. “Kami target (Jalan Kembar Kali Kadia) rampunung pada Desember tahun ini (2023),” ungkap Erlis. 

Sekedar informasi, Inner Ringroad dibangun menggunakan anggaran PEN sebesar Rp 204 miliar. Inner Ring Road dibangun dengan panjang mencapai 4,1 kilometer. 

Rinciannya, Jalan Brigjen M Yunus (Kali Kadia) yang terhubung dengan RSUD Kendari sepanjang 1,5 km dan Jalan ZA Sugianto (Masjid Al Alam) yang terhubung dengan Jalan Mokodompit (Kampus Baru UHO) sepanjang 2,6 km. 

Jalan yang dibangun memiliki lebar 30 meter dengan konstruksi beton. Kehadiran mega proyek Pemkot Kendari ini diyakini bisa mengurai kemacetan Kota. (ags/KN)

Tinggalkan Balasan