Peringati HUT ke-192, Pj Wali Kota Kendari Buka Pagelaran Seni dan Budaya

KENDARINEWS.COM – Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu resmi membuka pagelaran seni dan budaya daerah tahun 2023. Pagelaran seni dan budaya dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Kendar ke-192.

Pagelaran seni dan budaya daerah dilaksanakan di Pelataran Tugu Religi Eks MTQ Kota Kendari, Rabu (03/05/2023). Turut hadir dalam pagelaran seni budaya Ketua DPRD Kendari, Sekda Kota Kendari, Forkopimda, Direktur Kendari Pos Irwan Zainuddin dan masyarakat Kota Kendari.

Asmawa Tosepu mengatakan, pagelaran seni dan budaya daerah penting dilaksanakan dalam rangka memelihara dan melestarikan budaya daerah sebagai keragaman yang harus dijaga dan dirawat sebagai pelopor atau dasar pembangunan.

“Mudah-mudahan kegiatan seperti ini dapat menumbuh kembangkan dan melestarikan adat dan budaya Kota Kendari,” kata Asmawa Tosepu.

Pada kesempatan tersebut, Asmawa juga menekankan pentingnya menjunjung tinggi nilai adat istiadat dan kearifan lokal dengan mematuhi filosofi daerah yakni inae konasara ie pinesara, inae lia sara, ie pinekasara yang berarti barang siapa yang menghargai adat maka dia akan di muliakan tapi barang siapa yang tidak menghargai adat maka dia tidak akan di hargai.

Sekedar informasi, usai pembukaan pagelaran seni budaya dilanjutkan dengan pertunjukkan modinggu, umoara, dan megambusu serta hiburan lainnya. (ags)

Tinggalkan Balasan