Gedung Perpustakan Modern Muna Diresmikan

KENDARINEWS. COM–Gedung baru perpustakaan Muna berlantai tiga yang memiliki konsep kolaborasi antara gedung perpustakaan modern dan rumah adat daerah Kabupaten Muna, di resmikan oleh Bupati Muna, LM. Rusman Emba.

Bupati Muna, LM. Rusman Emba mengatakan bahwa dengan peresmian gedung perpustakaan modern tersebut tentu akan melahirkan banyak program-program yang terlaksana. Termasuk kegiatan dalam rangka memperkuat sumber daya manusia (SDM), karena itu termasuk fungsinya.

“Pembangunan gedung perpustakaan tentu sebagai salah satu kebutuhan masyarakat, khususnya dalam menghadapi tantangan zaman. Tentunya juga akan memberikan yang besar dalam kemajuan daerah khususnya SDM. Sehingga bukan saja sebagai tempat membaca tetapi menjadi tempat diskusi dan menggali informasi,” kata Rusman Emba, kemarin.

Selain itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Muna, Muliati Ditu mengatakan, meski sempat memiliki beberapa kendala dalam pembangunannya, namun perpustakaan modern ini dapat rampung sesuai harapan.

“Alhamdulillah, pembangunan perpustakaan ini dapat kami dirampungkan. Nantinya, gedung ini bukan saja menjadi tempat berkantor bagi kami, maupun tempat membaca dan mencari informasi. Namun juga sebagai tempat event-event perlombaan bagi anak TK maupun SD,” paparnya.

Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Muna, Magdalena Reru menambahkan bahwa perpustakaan tersebut sebagai ruang terbuka dengan menyediakan berbagai buku ilmu terapan. Selain itu, perpustkaan adalah universitas sejati yang akan menjadi tempat untuk menimba ilmu secara gratis.

“Adanya gedung perpustakaan modern ini tentu akan semakin mendorong minat belajar siswa maupun masyarakat. Karena gedung perpustakaan menjadi ruang terbuka belajar bagi siapa saja. Kami juga berharap, hadirnya gedung perpustakaan ini secara signifikan meningkatkan minat baca dan literi digital bagi semua kalangan masyarakat serta benar-benar mentransformasi pembangunan SDM masyarakat Muna,” paparnya. (deh/kn)

Tinggalkan Balasan