oleh

Koleksi 115 Emas, Kota Kendari Juara Umum Porprov 2022

KENDARINEWS.COM–Kota Kendari masih terlalu tangguh dalam hal pegumpulan medali saat kompetisi empat tahunan Porprov 2022 digelar.

Mengulang sukses tahun 2018 lalu, daerah yang kini dinahkodai Asmawa Tosepu ini mampu mendulang 115 Medali emas, 97 perak, dan 111 perunggu. Dengan hasil ini Kota Kendari memuncaki klasemen sekaligus memantapkan prestasi menjadi juara umum.

Juara kedua ditempati kontingen Kabupaten Konawe Utara. Atlet daerah yang dipimpin Bupati Ruksamin berhasil memboyong 278 medali, terdiri dari 114 emas, 87 perak, dan 77 perunggu. Sedangkan Kota Baubau berada diperingkat ketiga dengan total 231 medali yang terdiri dari 60 medali emas, 63 medali perak, 108 medali perunggu.

Gubernur Sultra Ali Mazi menyampaikan selamat kepada atlet dan Pemkot Kendari atas prestasi yang diraih. Termasuk kepada daerah lainnya yang telah meraih medali dan berpartisipasi dalam Porprov XIV Sultra. “Selamat kepada seluruh atlet yang telah berlaga di Porprov XIV Sultra tahun 2022,” ujarnya.

Pasca Kota Kendari ditetapkan sebagai juara umum Porprov XIV, Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu beserta Forkopimda langsung menyambangi posko induk pemondokan atlet Kota Kendari di Baubau.

Pj.Wali Kota Asmawa mengatakan akan memberikan bonus kepada atlet peraih medali. Anggarannya sudah dialokasikan dalam APBD. “Untuk perorangan, peraih medali emas mendapat Rp20 juta, peraih medali perak Rp12,5 juta dan peraih medali perunggu Rp7,5 juta. Khusus untuk kategori kelompok (beregu) tentu akan ada perbedaan,” ujarnya.

Bonus juga akan diberikan kepada para pelatih. Pj.Wali Kota Asmawa menambahkan, proses pencairan bonus tetap mengacu pada mekanisme administrasi dan regulasi yang berlaku, diantaranya bisa dicairkan jika sudah ada penetapan pemenang secara resmi dari KONI Sultra. “Kami akan upayakan secepatnya memastikan dan tidak akan memakan waktu yang terlalu lama (pencarian bonusnya),” ungkap Pj.Wali Kota Asmawa.

Mantan Kepala Biro Umum Sekretariat Kemendagri ini menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua atlet yang telah bekerja keras dan berhasil mempersembahkan prestasi bagi daerah.

Menurutnya, prestasi yang diraih menjadi sangat spesial karena Kendari sukses mempertahankan predikat juara umum setelah sebelumnya diraih pada Porprov XIII di Kabupaten Kolaka tahun 2018.

“Tentu ini berkat kerja keras, upaya dan ikhtiar dari para atlet yang tergabung dalam kontingen Kota Kendari didukung oleh pelatih yang memastikan para atlet yang berlaga dalam kondisi prima, dan dukungan dari semua stakeholder termasuk pembinaan dari KONI,” tuturnya.(kn)

Komentar

Tinggalkan Balasan