oleh

Kabar 100 Pulau di Maluku Dilelang, Ini Penjelasan Menparekraf Sandiaga uno

KENDARINEWS.COM–Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menanggapi Kabar 100 pulau di Maluku tepatnya di Halmahera Selatan yang dilelang di New York.

Katanya kepulauan Widi di Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara, tidak dijual.

“Hasil pertemuan tadi dengan bupati dapat dipastikan bahwa Pulau Widi tidak dijual,” katanya dikutip, Minggu 4 Desember 2022.

Dia memastikan tidak ada satu pulau pun yang dilelang untuk dimiliki secara pribadi. 

“Memang tidak bisa dijual karena milik Pemkab Halmahera Selatan,” katanya.

Ditambahkannya, bahwa ada perjanjian dengan pihak ketiga atau swasta di mana domisilinya ada di Bali. 

Pihak ketiga tersebut saat ini mengupayakan akselerasi dari pengembangan gugusan Pulau Widi dan mungkin itu yang sementara ditawarkan.

Dijelaskannya, bentuk kerja samanya, akan didalami dan tidak melanggar peraturan. 

Sebelumnya Sandiaga Uno menegaskan bahwa setiap jengkal Tanah Air diperuntukan untuk kesejahteran masyarakat sesuai Pasal 33. 

“Karena kalau bentuknya kerja sama sudah biasa dilakukan, misalnya KEK di Morotai, karena ujungnya untuk kesejahteraan rakyat Indonesia tapi kalau menjual ini tentunya tidak seusai dengan peraturan perundang-undangan dan ini harus segera kita tangani dengan cepat dan mengambil keputusan tegas,” tuturnya.

Sandiaga Uno juga yakin situs asing Sotheby’s Concierge Auctions sebuah rumah lelang yang bereputasi, yang mana tidak akan berani melakukan tanpa kelengkapan dokumen dan sebagainya. 

“Tapi, tentunya jika ada pelanggaran akan kita hentikan,” katanya.

100 Pulau Dilelang, Rizal Ramli dan Susi Pudjiastuti Bereaksi 

Sebelumnya Surat kabar The Guardian memberitakan ada 100 pulau tropis di wilayah Maluku, Indonesia dilelang.

Pulau yang dilelang merupakan cagar alam Widi yang tidak berpenghuni berbasis di zona perlindungan laut di kawasan “Segitiga Karang” di Indonesia timur. 

Acara lelang akan dilakukan pekan depan melalui Lelang Pramutamu Sotheby di New York mulai 8-14 Desember 2022.

Pembeli akan menawar saham di PT Leadership Islands Indonesia (LII), sebuah perusahaan pembangunan Indonesia yang telah melisensikan hak untuk membangun resor ramah lingkungan dan properti hunian mewah

Menanggapi berita penjualan 100 pulau di wilayah Maluku, Eks Menko Kemaritiman Rizal Ramil pun mempertanyakan kabar tersebut melalui akun Twitternya.

Dalam cuitannya, Rizal Ramli memposting soal kabar 100 pulau di Maluku yang dilelang oleh pihak swasta. 

“Kok bisa 100 pulau di Maluku mau dijual dan sedang di lelang di New York??,” cuit @RamliRizal, yang dilihat pada Minggu, 4 Desember 2022.

Cuitan Rizal Ramil ini direspon mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. 

Sama halnya dengan Rizal Ramli, Susi juga menanyakan soal 100 pulau di Maluku yang berencana dilelang tersebut.

“Bang Rizal ini berita beneran atau hoaxx ??? Kok bisa ???,” tulis Susi.

Dikabarkan untuk ikut acara lelang, para peserta lelang diharuskan memberikan deposit sebesar 100.000 ribu dollar Amerika atau setara Rp1,5 miliar.

Sebagai pengelola PT Leader Islands Indonesia (LII) membantah telah melakukan penjualan terhadap pihak asing soal pelelangan pulau tersebut.

Mereka beralasan, adanya kerjasama dengan Sotheby di New York, sebagai salah satu langkah untuk pengembangan Kepulauan Widi.(fin/kn)

Komentar

Tinggalkan Balasan