Asmawa Siapkan Bahan Pangan Murah di 23 Titik Bazar, Ini Jadwalnya

KENDARINEWS.COM–Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu memastikan masyarakat mendapatkan bahan pangan dengan harga terjangkau. Untuk itu, pihaknya mengeluarkan kebijakan subsidi pada sejumlah komoditi dalam Bazar Pangan Murah yang digelar Pemkot Kendari sejak 3 November 2022. Bazar bahan pangan murah akan terus berlanjut pada 23 wilayah yang ada di Kota Kendari. 

Asmawa Tosepu menjelaskan, subsidi bahan pangan murah dihadirkan untuk mengurangi beban masyarakat yang selama ini kesulitan memperoleh bahan pangan karena harganya yang meningkat imbas kenaikan harga BBM subsidi beberapa waktu lalu. 

“Kami memberikan subsidi dalam rangka memenuhi kebutuhan pangan masyarakat. Mungkin nilainya kecil tapi mudah-mudahan bisa bermanfaat dan memberi nilai tambah bagi warga masyarakat Kota Kendari,” kata Asmawa, usai memantau Bazar Pangan Murah di Kantor Kecamatan Baruga, kemarin. 

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Kendari, Hasria menyampaikan terima kasih kepada Pj Wali Kota Kendari yang sudah mengizinkan pelaksanaan Bazar Pangan Murah tahun ini. Bukan hanya itu, bazar terlaksana berkat kebijakan pemerintah yang mengalokasikan anggaran Biaya Tak Terduga (BTT) untuk mensubsidi beberapa komoditi utama yang kerap menjadi penyebab inflasi. 

Hasria mengungkapkan, sebanyak delapan komoditi yang disubsidi dalam Bazar Pangan Murah tahun ini, meliputi beras dari harga Rp 10,5 ribu/kg menjadi Rp 9,5 ribu/kg, bawang merah Rp 30 ribu/kg menjadi Rp 25 ribu/kg, bawang putih Rp 28 ribu/kg menjadi Rp 23 ribu/kg, dan cabai besar Rp 30 ribu/kg menjadi Rp 25 ribu/kg. 

Selanjutnya, cabai rawit Rp 40 ribu/kg menjadi Rp35 ribu/kg, telur ayam ras Rp 28 ribu/rak menjadi Rp 26 ribu/rak, gula pasir Rp 13,5 ribu/kg menjadi Rp 11 ribu/kg, dan minyak goreng Rp 14 ribu/kg menjadi Rp 12 ribu/kg. 

“Subsidi yang diberikan merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Kota Kendari serta arahan dari Bapak Pj Wali Kota untuk menyediakan bahan pangan dengan harga yang terjangkau bagi masyarakat. Kebijakan ini diharapkan bisa menjaga daya beli masyarakat sehingga bisa menekan angka inflasi,” ungkap Hasria. 

Mantan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kota Kendari ini menambahkan, selain Kantor Kecamatan Baruga bazar pangan murah juga bakal dilaksanakan di 23 titik lainnya seperti

Kantor Kecamat Puuwatu (8/11), Kantor Kecamatan Wuawua (10/11), Kantor Camat Kadia (14/11), dan Kantor Camat Mandonga (15/11). 

Selanjutnya, Bazar Pangan Murah juga bakal dilaksanakan di Kantor Camat Kendari Barat (16/11), Kantor Camat Kendari (17/11), Kantor Camat Kambu (18/11), Kantor Camat Poasia (21/11), Kantor Camat Abeli (22/11), Kantor Camat Nambo (23/11), Kantor Kelurahan Lepo-lepo (24/11), dan Kantor Kelurahan Watulondo (25/11). 

Titik berikutnya adalah Kantor Kelurahan Mataiwoi (28/11), Kantor Kelurahan Bende (29/11), Kantor Kelurahan Labibia (30/11), Pelataran Tugu Religi Kendari (4/12), Kantor Kelurahan Watu-watu (6/12), Kantor Kelurahan Purirano (7/12), dan Kantor Kelurahan Padaleu (8/12). 

Terakhir, Bazar Pangan Murah juga akan dilaksanakan di Kantor Kelurahan Matabubu (9/12), Kantor Kelurahan Pudai (12/12), Kantor Kelurahan Petoaha (13/12), dan Kantor Kelurahan Pondonggeu (4/1/2023). 

Sekedar informasi, penyelenggaraan Bazar Pangan Murah di 24 titik di Kota Kendari juga kerja sama dengan stakeholder terkait seperti Bulog, Perbankan, ID Food, Tim Penggerak PKK Kota Kendari, para kelompok tani, dan seluruh elemen terkait lainnnya. (kn) 

Tinggalkan Balasan