Inner Ringroad Didesain jadi Tempat ‘Nongkrong’ Nan Santai

KENDARINEWS.COM–Pemerintah Kota Kendari punya impian besar di jalan lingkar dalam atau inner ringroad Kota Kendari. Disana bakal didesain seperti kawasan Orchard Road di Singapura.

Kenapa Orchard Road, Sekretaris Kota (Sekot) Kendari, Ridwansyah Taridala mengungkapkan alasannya, karena ada beberapa kemiripan mulai dari luas jalan dan tersediannya titik atau tempat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Nuansanya akan dibuat seperti Orchardnya Singapura. Di situ bisa jadi tempat refreshing. Akan ada bundaran diameter 100 meter. Cukup luas dan tempat santai di sana akan ada tempat UMKM. Mudah-mudahan bisa melengkapi Inner Ringroad,” ungkap Ridwansyah Taridala, kemarin.

Sejauh ini, pembangunan inner ringroad kini memasuki tahap penyelesaian struktur jalan. Jalur lintasan dibeton dengan material bangunan terbaik sehingga bisa dimanfaatkan dalam jangka waktu yang lama. “Insyah Allah jalurnya bisa selesai tepat waktu,” ungkapnya.

Sebelumnya, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengaku jalur inner ringroad bakal menjadi spot wisata baru di Kendari. Selain terdapat titik untuk UMKM, pihaknya bakal menghadirkan landmark Kota Kendari yang disematkan pada bundaran jalur.

”(Bundaran) ini landmark baru Kota Kendari dan provinsi. Luasnya itu lebih luas dari bundaran HI (Hotel Indonesia). Kalau di Jakarta diameter bundarannya itu hanya 100 meter, sementara ini luasnya mencapai 120 meter. Lebih luas,” ungkapnya.

Karena akan menjadi Landmark Kota Kendari, maka pembangunannya tidak melibatkan satu pihak, terutama dalam menentukan desain dan isi bundaran.

“Kami masih konsultasikan (pembangunan bundaran) kepada pak gubernur. Kami tidak bisa memutuskan sendirian. Harus ada usulan gubernur. Siapa tahu nanti ada ide atau perintah dari gubernur (bundaran) mau (dibangun) difungsikan apa,” katanya.

Progres pembangunan Inner Ringroad kata dia, sudah mencapai 67 persen. (kn)

Tinggalkan Balasan