Peduli Keselamatan Warga, Pemkot Tebang Pohon Rawan Roboh

Metro Kendari

KENDARINEWS.COM–Jalan protokol di Kota Kendari dihiasi pohon-pohon pelindung. Sebagaian besar sudah berumur tua. Di tengah kondisi cuaca ekstrem, pohon-pohon itu rawan rubuh dan mengancam keselamatan pengendara atau pengguna jalan yang melintas.

Pemkot Kendari bergegas melakukan mitigasi agar tidak memakan korban jiwa.Wali Kota Kendari Sulkarnain mengaku telah menginstruksikan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) agar menebang pohon-pohon yang rawan roboh.”Kita akan cegah sedini mungkin potensi adanya korban akibat pohon tumbang,” kata Sulkarnain kepada kendarinews.com, Selasa (23/2).

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari Nismawati menyampaikan pihaknya sedang menginventarisir pohon-pohon tua yang rawan tumbang. “Yang sudah berumur tua dan rawan tumbang maka perlakuannya bakal ditebang. Sedangkan yang masih berumur muda, maka perlakuannya hanya dipangkas,” kata Nismawati kepada kendarinews.com, Selasa (23/2).

Dalam proses inventarisasi itu, DLHK bekerja sama dengan lurah-lurah di Kota Kendari. Ketika pendataan rampung, maka petugas DLHK akan memberikan kode pada tiap pohon. Memilah antara pohon yang mendesak ditebang dan yang hanya dipangkas. (ali/b).

Tinggalkan Balasan