Waspada Angin Kencang, DLHK Kendari Deteksi Pohon Rawan Tumbang

KENDARINEWS.COM — Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) kini memantau kondisi pepohonan yang rawan tumbang di musim hujan. Kepala DLHK Kota Kendari, Nismawati, mengatakan pihaknya telah melakukan beberapa langkah yakni dengan mendeteksi pohon-pohon yang rawan tumbang bila terjadi angin kencang.

“Kami telah rapat dengan bapak Wali Kota dan beberapa camat. Pak Wali menginstruksikan untuk mendeteksi semua kemungkinan pohon yang apabila ada angin kencang dapat membahayakan masyarakat atau yang lewat,” katanya. Nismawati mengungkapkan, pihaknya telah melakukan pendataan dan memetakkan pohon-pohon mana saja yang rawan tumbang dan akan dilakukan penebangan.

“Kita juga sudah komunikasikan, kita akan petakkan dan adakan kajian, analisis, karena memang aturannyakan pohon ini aset yah, tidak boleh sembarang kita tebang,” ujarnya. Tidak hanya itu, pihaknya juga berencana akan memberi nomor atau kode pada pohon yang dikategorikan sebagai pohon yang telah tua dan rawan tumbang. “Nanti kita akan kasi kode, prioritas untuk melakukan tindakan (penebangan) yang mana dulu. Tapi ini tidak sekaligus karena petugas kita dan alat kami kan tidak mungkin satu kali dalam satu hari itu selesai satu Kota Kendari,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan