Pemkot Kendari Tetapkan Zakat Fitri 1445 Hijriah, Segini Besarannya

KENDARINEWS.COM–Pemerintah Kota (Pemkot) telah menetapkan besaran zakat fitrah 1445 Hijriah. Penetapan besaran zakat berdasarkan hasil rapat bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Pengurus Hari Besar Islam (PHBI) di Aula Kantor Balai Kota Kendari, kemarin.

Sekretaris Daerah Kota Kendari, Ridwansyah Taridala, mengatakan penetapan besaran zakat tersebut berdasarkan hasil diskusi bersama Baznas dan seluruh pihak berkepentingan lain untuk dijadikan sebagai rujukan besaran zakat yang harus dibayarkan oleh masyarakat.

“Penetapan besaran nilai zakat fitrah tahun ini lebih awal kita tetapkan, sehingga bisa segera disosialisasikan ke pengurus masjid atau Amil Zakat di setiap kecamatan se- Kota Kendari,” ungkapnya, usai menggelar rapat penetapan zakat fitrah.

Sementara, Ketua Badan Amil Zakat (Baznas) Kendari, Amri Nasir, mengungkapkan, jika bulan Ramadan kali ini pembahasan soal zakat dilakukan lebih awal agar bisa segera ditindaklanjuti oleh seluruh pihak.

“Kalau tahun lalu itu selalu kita bahas di pertengahan bulan Ramadan, namun sekarang sengaja dilakukan lebih awal agar ada kesempatan disosialisasikan,” tuturnya.

Amri menambahkan, hal ini juga dilakukan agar para panitia zakat (Unit Pengumpul Zakat atau Lembaga Amil Zakat) bisa segera mengumpulkan lalu menyalurkan zakat tersebut kepada penerima yang berhak lebih cepat sebelum Hari Raya Idul Fitri.

“Kalau bagian penerima zakat di masjid-masjid cepat mengumpulkan, bisa juga cepat didistribusikan ke warga yang membutuhkan,” imbuhnya.

Untuk itu, dia mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Kendari untuk segera membayar zakatnya kepada panitia zakat mulai hari ini (kemarin, 18/03)sampai dengan malam takbiran.

Sekedar informasi, penetapan besaran zakat fitrah tahun ini berdasarkan hasil survei harga kebutuhan pokok masyarakat, seperti beras, satu, jagung, dan umbi-umbian lain di pasaran. 

Adapun besaran nilai zakat fitrah yang harus dibayarkan oleh setiap Jiwa yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah Kota Kendari untuk dipungut oleh masing-masing Amil zakat se- Kota Kendari yakni bagi warga yang mengkonsumsi Beras Super diwajibkan membayar zakar 3,5 liter atau senilai Rp59 ribu per jiwa.

Selanjutnya, Beras Premium 3,5 liter atau senilai Rp53 ribu per jiwa, Beras Dolog 3,5 liter atau senilai Rp44 ribu per jiwa, Sagu 3,5 liter atau senilai Rp31 ribu per jiwa, Jagung 3,5 liter atau senilai Rp38 ribu per jiwa, dan Umbi-umbian senilai Rp37 ribu per jiwa. (ags/kn)

Tinggalkan Balasan