Terminal Tipe A Puuwatu Resmi Beroperasi

KENDARINEWS.COM–Terminal tipe A Puuwatu Kota Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra) kini resmi beroperasi. Terminal ini berada dibawah naungan langsung Kementerian Perhubungan dalam hal ini Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Sultra.

Kepala BPTD, kelas II Sultra,Ariyandi Ariyus mengatakan, terkait operasional puuwatu ini, secara bersama sudah diresmikan pusat pada waktu itu. “Namun saat puncak pekan Keselamatan Jalan, BPTD dan Walikota Kendari secara resmi menyatakan terminal tipe A, ini mulai dioprasikan dan sudah dapat dimanfaatkan untuk masyarakat umum maupun  bus  transportasi antar Provinsi,”kata Ariyandi.

Dijelaskan, secara fungsi, tererminal tipe A merupakan pusat transportasi di suatu daerah. Apalagi, terminal ini memiliki fasilitas yang lengkap dan melayani berbagai jenis moda transportasi, seperti bus antar kota, bus kota, dan bus antar provinsi.

“Terminal tipe A kita hadirkan dengan  fasilitas penumpang yang baik, termasuk ruang tunggu yang nyaman, toilet, dan tempat parkir yang luas. Terminal ini juga biasanya dilengkapi dengan sistem pengumuman dan informasi perjalanan yang terkini,”bebernya.

Sementara itu, Pj. Walikota Kendari, Asmawa Tosepu mengaku sangat   menyambut baik pengoperasian terminal tipe A yang berada di Kota Kendari. Sebab dengan hadirnya terminal Tipe A, akan mampu mempercepat kesejahteraan masyarakat di wilayah Kota Lulo.

“Pemerintah dan masyarakat Kota Kendari sangat menyambut baik dan mengapresiasi serta berterima kasih kepada pemerintahan pusat dalam hal ini Kementerian Perhubungan melalui Badan Pengelola Transportasi Darat yang sudah mulai mengoperasikan Terminal Tipe A lintas provinsi, bus antar kota maupun pengguna transportasi umum lainya,” ujarnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa dengan hadirnya terminal ini akan memberikan kontribusi bagi percepatan peningkatan kota dari sisi transportasi darat.

“Dengan pembangunan kurang lebih tiga tahun yang menggunakan anggaran kurang lebih Rp. 46,5 miliar akan memberi kontribusi positif. Karena itu kami selaku pemerintah kota berharap kepada masyarakat mari bersama-sama  manfaat Terminal Tipe A ini untuk kebutuhan kita, serta jaga, rawat dan manfaatkan terminal ini sebaik-baiknya,”pungkasnya. (rah/kn)

Tinggalkan Balasan