Pemprov Lepas Dua Wakil Sultra Ikuti Paskibraka Nasional

KENDARINEWS.COM–Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) secara resmi melepas dua anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional utusan Provinsi Sultra. Pelepasan secara langsung dilakukan Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sultra, Harmin Ramba, sesuai SK Gubernur nomor 371 tahun 2023 tentang penetapan calon paskibraka nasional utusan Sultra,di  aula Kesbangpol, Jumat (14/7).

Dua calon anggota Paskibraka Nasional merupakan seorang laki-laki dan seorang perempuan asal Kota Baubau, yakni Wiradinata Setya Persada, dari SMA Negeri 1 Baubau dan Nadira Syalvallah, yang berasal dari SMA Negeri 2 Baubau. Keduanya lolos dari beberapa tahapan seleksi dengan nilai terbaik.

Kepala Kesbangpol Sultra, Harmin Ramba meminta  anggota Paskibraka nasional yang mewakili Sultra, keduanya harus mampu menunjukkan kualitasnya sebagai insan terpilih sebab mereka merupakan duta Sultra. Harus beretika baik dan berbudi luhur, serta memiliki kualitas wawasan kebangsaan yang tinggi. Tentunya prestasi yang telah dicapai ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi anak-anak sekolah lainnya di Sultra. 

“Tentunya dipundak kalian berdua tertitip harapan pemerintah daerah dan masyarakat Sultra, untuk dapat mengharumkan nama baik Sultra di tingkat nasional. Karena itu, dalam mengikuti pemusatan latihan, harus lebih serius dan patuhi instruksi yang diberikan. Tunjukkan kemampuan terbaikmu. Semoga ananda dapat mengharumkan nama baik Provinsi Sulawesi Tenggara,” kata Harmin usai melepas paskibraka nasional asal Sultra,Jumat (14/7).

Dia menjelaskan, tentu para perwakilan Sultra bukan mewakili Kota Baubau, tetapi Sulawesi Tenggara. Sehingga begitu berbicara Sultra adek-adek harus paham tentang wilayajmh Sultra secara keseluruhan, bagaimana kultur budayanya, bagaimana ekonominya dan, bagaimana sosialnya.  

“Adek-adek merupakan duta perwakilan Sultra di kanca nasional harus bersyukur sebab dari ratusan yang ikut seleksi dan dari ribuan siswa SMA se Sultra, kalian berdua yang keluar menjadi terbaik. Tak semua bisa mewakili ditingkat nasional. Menjadi paskibraka kabupaten saja sudah menjadi kebanggaan tak terhingga apalagi menjadi paski nasional,”bebernya.

Harapan besar Pemerintah provinsi Sultra tentu mereka bisa  terpilih menjadi struktur utama pengibar bendera pusaka pada  paskibraka tingkay nasional. “Ini haraoan kita, bila ini benar-benar tercapai tenti sangat luar biasa,”ucapnya.

Dijelaskan, terpilihnya dua wakil Sultra ini sudah melalui tahap seleksi panjang sejak Mei 2023. Dua yang lolos pun merupakan mereka yang memiliki nilai tertinggi dalam setiap tahapan tes nya sesuai dengan Hasil Panitia Seleksi (Pansel).

” Mereka yang lolos tingkat nasional sudah melakukan tes kesehatan, psikotes, PWK,TIU, PBB,Kesemaptaan, dan Kepribadian. Dari hasil tes itu, empat orang terpilih menjadi yang terbaik, dua nilai tertinggi (Nadira Syalvallah dan Wiradinata Setya Persada) dinyatakan lolos ke tingkat nasional sesuai SK Gubernur. Sementara dua lainya yang menjadi cadangan akan diberi reward sebagai pasukan utama pengibar bendera tingkat Provinsi,”ucapnya.

Sementara itu, Perwakilan Paskibraka Sultra, Nadira Syalvallah mengaku sangat bahagia dan haru bisa lolos mewakili Sultra mengikuti Paskibraka di tingkat Nasional. 

“Bila biasanya kita hanya menyaksikan dari siaran TV, sekarang saya bisa secara langsung terlibat dalam pengibaran bendera pusaka pada 17 Agistus 2023 di Istana Negara. Orang tua saya juga tenti sangat haru dan bangga dengan prestasi anaknya,”ujar siswa kelas XI SMA itu.

Ia pun meminta doa  dari seluruh masyarakat Sultra agar mampu menampilkam yang terbaik. “Dimanapun posisi yang nanti diberikan dalam pengibaran bendera di istana negara nanti saya akan tetap menunjukkan yang terbaik,”pungkasnya. (rah/kn)

Tinggalkan Balasan