Buka Jambore PKK, Gubernur Ali Mazi: Momentum Menambah Wawasan

KENDARINEWS.COM–Jambore Kader Tim Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi dimulai sejak kemarin. Penyelenggaran temu PKK ini dihadiri seluruh kader yang ada di Bumi Anoa. Lewat jambore diharapkan bisa mewujudkan kader PKK yang tangguh.

Gubernur Sultra, H. Ali Mazi mencermati, penyelenggaraan jambore atau temu kader PKK dari tahun ke tahun menunjukkan perkembangan yang pesat, dengan melibatkan komponen kader PKK di semua tingkatan.

Ali Mazi menjelaskan, tema yang diusung dalam pelaksanaan jambore tahun ini yakni bergerak bersama menuju kader PKK yang tangguh untuk Sultra Sejahtera.

“Saya memberi penekanan kepada kader-kader PKK di semua jenjang mulai dari provinsi, kabupaten/kota, kecamatan dan desa/kelurahan serta dasa wisma untuk mengambil peran dan memanfaatkan momentum ini dengan baik untuk menambah wawasan, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam rangka mewujudkan visi gerakan pemberdayaan keluarga yaitu terwujudnya keluarga sehat, cerdas, beriman dan bertaqwa menuju iIndonesia Maju di tahun 2024,” kata Ali Mazi.

Lanjut dia, Tim Penggerak PKK harus tampil dan mampu mengaktualisasikan diri untuk mengambil peran penting dalam upaya mendukung penyelenggaraan program pemerintah untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

“Jadilah organisasi yang dapat bersinergi dan bermitra dengan pemerintah daerah dalam upaya mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat,” tuturnya.

“Tim Penggerak PKK harus cerdas dan cermat dalam menganalisa berbagai permasalahan, karena dengan kecerdasan akan mampu menjawab tantangan yang dihadapi di masyarakat. Oleh karena itu kami berharap dan optimis dengan komitmen yang kuat dari kader-kader PKK akan mampu menjadi garda terdepan,” sambungnya.

Politisi Partai NasDem ini menambahkan, jambore PKK tingkat Sultra ini dapat mempererat sinergitas, kerjasama, dan kebersamaan yang sudah terjalin baik guna mewujudkan kemajuan dan perubahan serta peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat secara merata di seluruh kabupaten/kota se-Provinsi Sultra.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia Jambore Kader PKK Tingkat Provinsi Sultra Siti Chomzah Asmawa mengatakan, dasar pelaksanaan jambore tahun ini merujuk pada Surat Ketua TP-PKK Prov. Sultra Nomor: 96/SKR/PKK.Prov/XII/2022 tentang Perihal Penunjukan Tempat Pelaksanaan Jambore Kader PKK Tahun 2023 dan Surat Keputusan Wali Kota Kendari, Nomor: 548 Tanggal 19 Juni Tahun 2023 tentang Pembentukan Panitia Jambore/Temu Kader PKK Tingkat Prov. Sultra Tahun 2023.

Siti Chomza menjelaskan, penyelenggaraan Jambore Kader PKK bertujuan untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan dan keterampilan kader dalam gerakan PKK, kemudian meningkatkan motivasi dan kinerja kader dalam menunjang terwujudnya keluarga yang sehat dan sejahtera, dan
.emberikan kesempatan bagi kader untuk saling berbagi pengalaman, serta meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan kepada sesama kader PKK se-Prov. Sultra

Chomza mengungkapkan, jumlah peserta jambore tahun ini diikuti sekira 1.500 peserta yang berasal dari kader PKK terbaik yang diutus oleh 17 kabupaten/kota se-Sultra.

Lanjut dia, seluruh peserta akan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang dimulai pekan ini di Balai Kota dan Hotel Zahra Syariah Kendari. “Adapun jenis lomba yang akan dilaksanakan adalah Lomba Yel-yel/Defile, dan Lomba Idol PKK, Lomba Pesan Berantai, Lomba Bola Gotong dan Lomba Trompah,” kata Pj. Ketua TP-PKK Kota Kendari ini.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Prov. Sultra, Hj. Nur Endang Abbas menyampaikan rasa bangga, rasa haru, rasa suka cita yang mendalam kepala seluruh kader PKK se-Sultra yang sudah berpartisipasi mensukseskan jambore tahun ini. Terlebih, menurutnya, jambore kali ini sangat spesial karena dihadiri dan diresmikan langsung oleh Gubernur Ali Mazi.

“Kehadiran Gubernur Ali Mazi sebagai motivasi yang kuat, merupakan spirit semangat bagi kami semua dalam rangka melaksanakan 10 Program PKK sebagai mitra dari pemerintah,” kata Hj Nur Endang Abbas.

“Ucapan terima kasih juga untuk Wali Kota Kendari, Sekda dan Pj. Ketua TP-PKK Kota Kendari, dan seluruh jajarannya yang telah mempersiapkan kegiatan ini dengan baik dan ucapan terima kasih saya ucapkan tak terhingga kepada Ketua Tim Pengerak PKK Kab/Kota se-Sultra yan telah hadir secara langsung,” pungkasnya. (rls/kn)

Tinggalkan Balasan