Bappeda Sultra Tuntas Gelar Fasilitasi Akhir RKPD

KENDARINEWS.COM–Pemerintah  Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Badan Perencanaan Pemgangunan Daerah (Bappeda) tuntas menggelar fasilitasi rancangan akhir Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD). Kegiatan yang digelar mulai 26 Juni hingga 5 Juli itu diikuti oleh 17 Kabupaten kota yang ada di Bumi Anoa.

Kepala Bappeda Sultra, J. Robert Maturbongs mengatakan secara substansi fasilitasi RKPD untuk Kabupaten dan kota ini mengarah pada penyelarasan dan sinergi terkait dengan kebijakan nasional, kebijakan provinsi dan kebijakan daerah. Termasuk di dalamnya terkait dengan target-target indikator makro pembangunan yang di prioritaskan.

“Karena memang kalau kita berbicara target indikator pembangunan, itukan secara agregatif dikerjakan oleh kabupaten dan kota. Sehingga yang terbentuk di Provinsi itu sifatnya agregatif. Nah, bila tak ada penyelarasan dengan kabupaten dan kota maka pencapaianya  bisa menjadi tanda tanya apakah betul tercapai atau tidak,”kata Robert, Rabu (5/6).

Sebab, dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP)  2024, pemerintah pusat sudah menargetkan pemerintah provinsi Sultra, baik dari segi pertumbuham ekonomi,  angka kemiskinan dan indikator makro pembangunan lainya. Semua  harus diselaraskan dan ditindak lanjuti sampaikan ke kabupaten dan kota.

“Karena itu  perlu ada upaya intervensi bersama untuk memenuhi target itu dari fasilitasi ini,”ucapnya.(rah/kn)

Tinggalkan Balasan