Pemprov Target Pembangunan Patung Oputa Yi Koo Rampung Agustus

KENDARINEWS.COM–Pembangunan patung pahlawan nasional asal Sultra, Oputa Yi Koo yang berlokasi di bundaran kantor gubernur segera rampung. Progresnya sudah mencapai 90 persen. Informasi itu disampaikan Kepala Dinas (Kadis) Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sultra, Martin Effendi Patulak.

“Patungnya sudah ada. Sekarang yang dibangun, tinggal dudukannya saja. Tempat patung berdiri,” ungkap Effendi Patulak.

Mantan Kepala Dinas Sosial Sultra ini menjelaskan, jika besi-besi dudukan patung sudah dicor dengan platnya, maka patungnya tinggal didudukkan saja.

“Progres pembangunannya sudah mencapai 90 persen. Kami targetkan, paling lama dua bulan ke depan sudah tuntas,” harapnya.

Lebih jauh Effendi menjelaskan, anggaran pembangunan patung tersebut sekira Rp1,8 miliar dari APBD Sultra.

“Dimana-mana, pahlawan nasional selalu dibuatkan patungnya. Salah satu contoh di Makassar, ada patung Sultan Hasanuddin. Begitupun juga di Sultra, ada patung Oputa Yi Koo yang merupakan pahlawan nasional asal Sulawesi Tenggara,” imbuhnya.

Sekadar informasi, awal pekan ini, sejumlah properti di lokasi pembangunan patung Oputa Yi Koo dibakar orang tak dikenal. Namun, tak ada kerusakan berarti dalam peristiwa itu. Pembangunan masih akan terus dilanjutkan. (rah/kn)

Tinggalkan Balasan