Semarak Hardiknas di Baubau Ditutup dengan Lomba Marching Band

Atraksi Sukses Memukau Penonton

Sebanyak 14 barisan turut ambil bagian dalam lomba Marching Band se-Kepulauan Buton yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Baubau. Tiap barisan diisi oleh 80 hingga 120 siswa. Sehingga jika ditotal kurang lebih 1000-an anak unjuk kebolehan dalam memainkan peralatannya di depan ribuan warga Kota Baubau pada Rabu (24/5). Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Baubau, MZ Tamsir Tamin, mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai upaya untuk mengetahui sampai sejauh mana pola pembinaan kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah, terutama untuk marching band yang saat ini jumlahnya terus tumbuh di masing-masing sekolah. Dia menyebut lomba yang berlangsung sehari itu terbilang sukses. Seragam yang apik, barisan rapi dan atraksi memukau, ditampilkan peserta serta berhasil menghibur penonton.

“Kita bangga karena animo masyarakat cukup tinggi. Daya yakin mereka puas meski harus berpanas-panasan menonton ini. Karena atraksinya memukau dan semuanya sudah menampilkan yang terbaik,” kata MZ Tamsir Tamim. Para jawara nantinya akan diberi uang pembinaan dan akan menjadi marching band pilihan ketika ada kegiatan besar yang dihelat di Kota Baubau sebagai pembuka acara. “Termasuk juga ketika ada lomba di level provinsi, yang terbaik inilah kita pilih sebagai wakil daerah,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan, Hasrin, menyampaikan, persiapan kegiatan cukup matang dilakukan. Peserta diberitahu kriteria penilaian. Sehingga pelatih paham apa yang harus dikuatkan dari penampilan sekolahnya. Jurinya juga adalah yang terbaik se-Kepulauan Buton. “Kita berharap, lomba ini dapat memunculkan juara yang benar-benar hebat sehingga kita akan ikut sertakan lagi pada jenjang perlombaan tinggi,” katanya.

Menurut Hasrin, ada empat poin penilaian yang dilihat oleh para juri yakni analisis alat tiup, analisis alat pukul, peragaan bendara dan formasi barisan. “Langsung diumumkan pemenangnya. Jadi piala langsung dibawa pulang,” tutupnya. (mel/lyn)

Pemenang Tingkat SD :

  • Juara I : SDN 1 Bone Bone (423)
  • Juara II : SDN 3 Bau-bau (369)
  • Juara III : SDN 2 Bau-bau (294)

Tingkat SMP :

  • Juara I : SMPN 1 Bau-bau (500)
  • Juara 2 : MTSN 1 Bau-bau (476)
  • Juara 3 : SMPN 4 Bau-bau (469)

Tingkat SMA :

  • Juara I : SMAN 1 Pasarwajo (583)
  • Juara II : Pondok Pesantren Al Amanah Putri (531)
  • Juara III : Al Amanah Putra (509)

Tinggalkan Balasan