oleh

Di Akhir Masa Jabatan, Sulkarnain Bangun Waduk Pengendali Banjir

KENDARINEWS. COM–Pemerintah Kota (pemkot) melalui ‘Teporombua’ bekerjasama Kendari Pos menyerap sejumlah aspirasi masyarakat

Kegiatan yang berlangsung di Kolam Retensi Boulevard Baruga mengadirkan warga dari tiga kecamatan yakni Wua wua, Kambu dan Baruga pada Kamis, (22/9).

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengatakan kegiatan ‘Teporombua’ dihadiri kepala OPD. Kehadiran kepala OPD pada kegiatan itu, dimaksudkan agar masyarakat dapat menyalurkan aspirasinya secara gamblang serta bersama memecahkan masalah yang sedang dan akan dihadapi masyarakat.

“Makanya ini mereka hadir lengkap, untuk mengeksekusi atau merencanakan penanganan masalah warga. Jadi tidak usah ragu-ragu sebentar sampaikan saja apa yang bapak/ibu harapkan mumpung ini sedang penyusunan program 2023, kalau tahun ini belum bisa diakomodir mudah-mudahan di tahun 2023 bisa kita wujudkan,” jelas Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir saat membuka acara Teporombua hari terakhir. Kamis siang.

Menyikapi masalah banjir yang kerap terjadi dan menimbulkan dampak kerugian materil warga terdampak, Sulkarnain menyebut itu hampir tidak lagi dirasakan warga, sebab sudah diantisipasi secara bertahap dengan adanya kolam retensi boulevard.

“Ini semua adalah wujud dan hasil kerjasama kita, termasuk yang kita saksikan hari ini. Dulu setiap masuk bulan september, oktober, november, desember, itu kita sudah siap-siap bangun posko banjir di wanggu. Waktu itu kami berfikir kalau begini terus setiap tahun sampai kapan,” ujar wali kota.

Kolam retensi ini dibangun dengan luas lahan sekira 12 hektar, hanya mampu menampung 20 persen debit air banjir tahunan.

Sehingga pemerintah saat ini tengah mengupayakan membuat waduk pengendali banjir yang berlokasi di Nangananga seluas 52 hektar.

“Alhamdulilah pemerintah pusat sudah menyetujui lewat balai,” pungkas Sulkarnain.

Saat ini Waduk Pengendali Banjir yang sudah disetujui pemerintah pusat ini tengah dalam proses pembebasan lahan dan desain.(kn)

Komentar

Tinggalkan Balasan