Pj Gubernur Ajak Masyarakat Sukseskan Bulan PRB di Sultra

KENDARINEWS.COM–Provinsi Sulawesi Tenggara menjadi tuan rumah peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) tahun 2023. Agenda nasional yang dilaksanakan setiap tahun sejak tahun 2013 akan berlangsung tanggal 10-15 Oktober 2023 di Kendari.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bersama Pemerintah Provinsi Sultra mengusung jargon “Sultra Posanggu, Indonesia Mokora” yang artinya “Sultra Tangguh, Indonesia Kuat”.

Penjabat Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto mengatakam, peringatan PRB Nasional bertujuan membangun kesadaran bersama, membangun dialog dan mengembangkan jejaring antar pelaku PRB serta dapat dijadikan ajang pembelajaran bersama bagi pelaku PRB seluruh Indonesia.

“Pada peringatan Bulan PRB, setiap elemen masyarakat pegiat kebencanaan diharapkan dapat berpartisipasi melalui ragam kegiatan PRB,”kata Andap.

Katanya, kolaborasi pegiat kebencanaan menjadi pesan penting dalam penyelenggaraannya dan diharapkan juga kolaborasi nyata pentaheliks dapat terus berlanjut. Upaya PRB perlu dipandang sebagai suatu investasi yang dilakukan secara fokus dan inklusif, hal ini bertujuan untuk membangun resiliensi berkelanjutan.

“Saya mengajak seluruh elemen masyarakat dapat mengenali ancaman bencana. Masyarakat bisa memahami risikonya dan meningkatkan budaya sadar bencana. Menjadikan Indonesia yang tangguh bencana adalah tanggung jawab kita semua,”ujarnya.

Keterlibatan seluruh elemen masyarakat dalam peringatan bulan PRB ini sangat diharapkan sebagai upaya mewujudkan kesadaran bencana. Beragam kegiatan akan diselenggarakan pada peringatan bulan PRB Nasional di Sultra meliputi penanaman pohon, pameran untuk masyarakat umum, dan donor darah. Ada pula berbagai kegiatan yang berhubungan dengan pegiat kebencanaan yang bisa dijadikan sebagai wadah menambah wawasan bagi masyarakat agar bisa tanggap bencana.

Peringatan bulan PRB Nasional ini juga diperingati secara global dengan nama International Day of Disaster Reduction. Hari Internasional tersebut diperingati pada 13 Oktober setiap tahunnya

“Marilah kita menjadi tuan rumah yang baik serta menyambut dengan segenap hati para tamu yang akan hadir di Kendari, Sulawesi Tenggara,”pintanya

Sulawesi Tenggara akan kedatangan tamu penting nasional dari berbagai elemen. Ada dari Kementerian/Kelembagaan, Gubernur se Indonesia, Akademisi, Forum Perguruan Tinggi dan praktisi se Indonesia, non-governmental organization (NGO) atau organisasi non pemerintah dan international non-governmental organization (INGO) atau organisasi internasional non pemerintah dengan istilah familiar di Indonesia yakni LSM. Termasuk pelaku dunia usaha akan berkumpul di Kendari. (rah/kn

Tinggalkan Balasan