Dishub Prediksi Lonjakan Penumpang 18-20 April, Pelni Siapkan Kapal Perintis

KENDARINEWS.COM–Kepala Dishub Sultra, Muhammad Rajulan mengungkapkan, puncak arus mudik lebaran bakal terjadi pada H-4 sampai H-3 lebaran Idul Fitri 1444 Hijriyah atau lebih tepatnya pada hari pertama libur cuti lebaran. 

Rajulan memprediksi, peningkatan jumlah penumpang bakal terjadi ditiga pelabuhan yakni pelabuhan Amolengu – Labuan, Torobulu – Tampo, dan Pelabuhan Baubau – Waara.

Atas dasar itu, Rajulan meminta seluruh stakeholder terkait dalam hal ini PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) dan PT ASDP Indonesia Ferry untuk menyiapkan kapal perintis dalam mengantisipasi lonjakan penumpang.

“Kami sudah kordinasi dengan Pelni dan ASDP sebagai pihak penyedia kapal, mereka akan mendatangkan masing-masing satu kapal lagi untuk membantu mengurai kepadatan penumpang di pelabuhan,” ungkap Rajulan.

Berdasarkan data yang dihimpun pihaknya, jumlah pemudik tahun ini diprediksi menembus angka 40 ribu orang terhitung sejak H-15 lebaran. Jumlahnya meningkat jika dibandingkan tahun sebelumnya (2022) yang tercatat hanya 36 ribu orang.

Guna memastikan keamanan dan kenyamanan penumpang selama arus mudik, pihaknya bekerjasama dengan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Kendari dan stakholder lainnya mendirikan posko angkutan laut disetiap pelabuhan.

“Kami harap seluruh penumpang bisa aman dan nyaman selama perjalanan dan yang terpenting bisa selamat sampai tujuan dan berkumpul bersama keluarga,” kata Rajulan.

Terpisah, Kepala KSOP Kelas II Kendari, Agus Winartono mengungkapkan, jelang libur lebaran tahun ini pihaknya telah menyiapkan sebanyak 35 kapal untuk mengangkut penumpang mudik diseluruh Sultra. Puluhan kapal itu berasal dari Pelni, ASDP, dan pelaku usaha pelayaran.

Sebagai bentuk perlindungan kepada penumpang, pihaknya baru-baru ini telah melaksanakan pengecekan untuk memastikan kapal laik beroperasi. “Sebelum berlayar kapal-kapal ini diperiksa kelayakan beroperasinya. Mulai dari sarana prasaran kapal termasuk dokumen admimistrasi kapal,” kata Agus.

Agus mengungkapkan, pada musim mudik lebaran tahun ini, pihaknya menyiapkan kapal penumpang jenis Jetliner. Kapal Jetliner akan melayani rute Kendari – Wakatobi dengan kapasitas sekitar 700 penumpang. “Kapal ini memiliki fasilitas yang sangat memadai sehingga kami pastikan penumpang nyaman menggunakan jasanya,” ungkapnya.

Pihaknya mengimbau masyarakat yang ingin mudik lebaran agar senantiasa menjaga keamanan dan ketertiban selama pelayaran. Ia pun menyarankan masyarakat untuk mudik lebih awal sehingga bisa terhindar dari penumpukan yang berpotensi terjadi pada H-3 lebaran.

“Lebih baik mudik lebih awal supaya tidak berdesak desakan dipelabuhan maupun didalam kapal. Juga untuk menjaga kemanan pelayaran. Sebagai bentuk antisipasi, kami sudah minta Pelni dan ASDP untuk menyiapkan kapal perintis untuk mengurai kepadatan pemudik,” pungkasnya. (ags/kn)

Tinggalkan Balasan