Pemkot Perpanjang Masa Tanggap Darurat Cuaca Ekstrim

KENDARINEWS.COM–Cuaca beberapa pekan terakhir ini masih belum bersahabat. Atas dasar itu Pemerintah Kota Kendari memperpanjang masa tanggap darurat cuaca ekstrim hingga 19 Maret mendatang. Perpanjangan masa tanggap darurat dalam rangka melindungi masyarakat dari potensi cuaca ekstrim susulan.

Ketua Satgas Kebencanaan Kota Kendari, Amir Hasan mengungkapkan, perpanjangan masa tanggap darurat cuaca ekstrim merupakan instruksi langsung Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari dalam rangka melindungi masyarakat dari potensi cuaca ekstrim susulan.

“Menimbang informasi dari BMKG, Kota Kendari dalam tujuh hari kedepan masih berpotensi dilanda cuaca ekstrim oleh karena itu pemerintah memutuskan untuk memperpanjang masa tanggap darurat demi keselamatan bersama,” kata Amir Hasan.

Dalam perpanjangan masa tanggap darurat ini, pihaknya memanfaatkannya dengan mitigasi bencana seperti melaksanakan penebangan pohon yang rawan tumbang, melaksanakan pendataan dan penyaluran bantuan sosial terhadap korban cuaca ekstrim serta masif melaksanakan sosialisasi dan edukasi terkait bahaya cuaca ekstrim.

“Dalam masa tanggap darurati ini semua pihak bekerja keras untuk mengantisipasi dampak bencana cuaca ekstrim. Kami juga mengajak masyarakat untuk mengetahui cara menghadapi cuaca ekstrim,” kata Amir Hasan.

Sekedar informasi, sebelumnya Pemkot Kendari telah mengeluarkan status tanggap darurat pada 6 – 12 Maret lalu. Karena pertimbangan keselamatan warga, pemkot kembali memperpanjang masa tanggap darurat hingga 19 Maret mendatang. 

Berdasarkan data Pemkot Kendari, cuaca ekstrim yang melanda kota lulo mengakibatkan sebanyak 324 rusak berat, puluhan dua warga luka, dan satu warga dinyatakan meninggal dunia (kn)

Tinggalkan Balasan