oleh

Sultra-Kanada Bersinergi Pengembangan Ekonomi Lokal di 5 Daerah

KENDARINEWS.COM–Pemerintah Sulawesi Tenggara dibawah kepemimpinan Ali Mazi terus berupaya bersinergi dengan semua pihak. Salah satunya dengan pemerintah Kanada melalui project National Support for Local Climates (NSLIC) dan National Support for Enhanching Local and Regional Economic Development (NSELRED).

“Project NSLIC dan NSELRED difokuskan di lima daerah di Sultra. Tahun ini, project-nya sudah diselesaikan. Lima daerah tersebut yakni Kendari, Baubau, Wakatobi, Konawe Selatan Konsel) dan Bombana,” kata Asrun Lio, Pj.Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sultra Minggu (2/10), kemarin.

Project ini kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra, sangat membantu pemerintah daerah dan bersinergi dalam urusan pengembangan ekonomi lokal. Mulai dari pengembangan produk unggulan daerah, perbaikan PTSP dan mall pelayanan publik, penguatan kapasitas OPD teknis dan UMKM atau Koperasi, mendorong kerjasama antar daerah dan pihak swasta serta memfasilitasi akses pasar bagi UMKM/Koperasi baik pasar nasional maupun pasar internasional.

“Saya sangat mengapreasiasi upaya Project NSLIC yang bekerja sama dengan OPD teknis dalam mempersiapkan UMKM mengakses pasar internasional. Pertengahan September lalu, tujuh produk UMKM lokal Sultra sudah melakukan trial order ke Belgia. Melalui kerja sama dengan Asiabel, kita telah menandatangani perjanjian kerja sama,” ungkap Pj.Sekda Asrun Lio.

Program ini sambungnya, sejalan dengan agenda utama pembangunan daerah pemerintahan Ali Mazi-Lukman (Aman) tahun 2018-2023. Mewujudkan daya saing wilayah melalui penguatan ekonomi lokal dan peningkatan investasi serta meningkatkan konektivitas dan kemitraan antara pemerintah, swasta dan masyarakat. Upaya ini dalam rangka peningkatan daya saing daerah melalui pembangunan dan perbaikan infrastruktur dan aspek- aspek sosial ekonomi.

“Atas nama Pemprov Sultra, kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pihak NSLIC/NSELRED, yang telah mendukung pemerintah daerah sejak tahun 2017 sampai dengan 2022 ini. Tentunya banyak hasil-hasil yang sudah dicapai melalui program kerja sama ini,” ujar Pj.Sekda Asrun Lio.

Program yang telah diimplementasi di lima daerah lanjutnya, akan dijadikan percontohan untuk diterapkan di daerah lain. Dengan begitu, program ini dapat memberikan dampak yang besar pada pembangunan ekonomi lokal di Sultra.

“Saya berharap kerja sama dengan pemerintah Kanada tidak akan berakhir dengan berakhirnya pelaksanaan kegiatan project NSLIC/NSELRED. Namun dapat terus terjalin melalui program-program yang lain di masa yang akan datang,” pungkas Pj.Sekda Asrun Lio. (kn)

Komentar

Tinggalkan Balasan