oleh

Bantu Operasional, Pemkot Kendari Gelontorkan Dana Rp150 Juta per Kelurahan

KENDARINEWS.COM–Dana kelurahan sudah tak bergulir sejak 2020 atau pasca pandemi Covid-19. Sebagai gantinya, Pemkot Kendari pada tahun ini tengah menyiapkan anggaran sekira Rp 150 juta per kelurahan. Bantuan operasional kelurahan itu bakal disalurkan pada triwulan IV tahun ini. 

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan, pengganti dana kelurahan sebesar Rp 150 juta setiap kelurahan bersumber dari APBD Kota Kendari tahun 2022. 

Lanjut dia, ratusan juta anggaran yang diporsikan untuk kelurahan sangat penting untuk mendukung operasional kelurahan yang sebelumnya menggunakan dana kelurahan dari Kementerian Keuangan. 

“Alhamdulillah bantuan ini bisa terwujud berkat kerja sama dengan DPRD Kota Kendari. Setiap kelurahan kita programkan Rp 150 juta,” ungkap Sulkarnain Kadir, Senin (15/08).

Pengganti dana kelurahan ini, lanjut dia, akan direalisasikan (cair) triwulan IV. Sulkarnain mengakui pencairannya agak molor lantaran pembiayaannya yang bersumber dari APBD. 

“Kalau PAD tau sendiri. Kita kumpul dulu. Biasanya pada triwulan ketiga dan keempat baru terealisasi karena sumbernya PAD. Beda kalau dana dari pusat. Apakah DAK atau DID sifatnya itu pasti karena anggarannya langsung dari pusat,” kata Sulkarnain Kadir. 

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menambahkan, pengganti dana kelurahan penting untuk direalisasikan karena bisa digunakan untuk membantu operasional kelurahan seperti penataan (pemeliharaan) lingkungan, bantuan sosial kepada masyarakat dan kegiatan kelurahan lainnya. (ags/kn)

Komentar

Tinggalkan Balasan