oleh

Data Ulang Honorer, Sudirham: Untuk Memetakan Distribusi Honorer di OPD

KENDARINEWS.COM–Seluruh daerah kini sedang melakukan pendataan ulang bagi tenaga honorer. Mereka yang aktif dimungkinkan masih berpeluang untuk diangkap menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK). Tak terkecuali di Kota Kendari.

Kepala BKPSDM Kota Kendari Sudirham mengatakan pendataan ini dimaksudkan untuk memetakan distribusi honorer di setiap OPD maupun jumlah realnya. Kebijakan ini merujuk surat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) nomor B/1511/M.SM.01.00/2022.

Data ini akan menjadi rujukan pusat menganalisasi kebutuhan pegawai termasuk kuota perekrutan PPPK. “Surat RB tertanggal 22 Juli itu meminta kementerian, lembaga pusat dan pemda melaksanakan pemetaan terhadap tenaga non ASN (Honorer). Kebijakan ini dikeluarkan semata-mata untuk melakukan pendataan sehingga bisa terpetakan dan jumlah tenaga non ASN serta kebutuhan lainnya,” ungkap Sudirham, kemarin.

Pasca menerima surat dari Kemenpan RB, pihaknya langsung menggelar sosialisasi dengan mengundang seluruh operator. Seluruh tenaga honorer akan diinput kemudian diverifikasi ulang. Sebab kemungkinan ada tenaga honorer yang sudah tidak aktif. “Kalau data sebelumnya, sekitar 6 ribuan honorer. Jadi, ada kemungkinan data base honorer berubah setelah diverifikasi. Hasilnya, nanti akan dikirim ke KemenPAN-RB,” ungkap Sudirham (kn)

Komentar

Tinggalkan Balasan