oleh

Humas BPJS Wawan: Tren Sekarang Nanti Sakit baru Urus BPJS, Itu Tidak Benar

KENDARINEWS.COM–Kesadaran warga akan pentingnya kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) masih kurang. Warga metro Kendari sendiri masih ada sekitar 42 ribu jiwa yang belum tercover.

Humas BPJS Kesehatan Cabang Kendari, Wawan Ridwansyah mengakui jika kepesertaan JKN Kartu Indonesia Sehat (KIS) di Kendari masih kurang. Padahal, layanan jaminan kesehatan itu sangat penting dalam membantu meringankan beban masyarakat jika mengalami sakit.

“Sakit tidak bisa di prediksi. Jadi perlu ada kesadaran masyarakat untuk mendaftarkan diri dan keluarga di BPJS,” ungkap Wawan, kemarin.

Saat ini, pihaknya terus mengupayakan agar seluruh warga metro bisa ikut serta dalam program JKN-KIS, sehingga kedepannya tidak ada lagi asumsi masyarakat yang tidak mendapatkan layanan kesehatan.

“Kalau lihat trennya, sekarang masyarakat nanti sakit baru mendaftarkan diri dan keluarga di BPJS Kesehatan. Padahal kartunnya nanti 15 hari baru aktif. Oleh karena itu kami himbau sebaiknya mendaftarkan diri mulai dari sekarang,” pintanya.

Di sisi lain, biaya tarif JKN-KIS saat ini masih terjangkau yakni hanya Rp 35 ribu untuk peserta kelas III (Subsidi Rp 7 ribu dari Rp 42 ribu). Selanjutnya, Rp 100 ribu untuk layanan kelas II dan Rp 150 ribu untuk layanan kelas I. (kn)

Komentar

Tinggalkan Balasan