Baru Paddy’s Market Penuhi SNI, Sulkarnain Dorong Pasar Lainnya Berbenah

KENDARINEWS.COM — Pasar tidak hanya sebagai tempat jual beli, namun juga sarana interaksi dan perputaran ekonomi. Untuk itulah, pasar harus memiliki standar kebersihan, kesehatan, keamanan termasuk manajemen pengelolaan pasar yang profesional.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan pasar harus memberi jaminan kenyamanan pengunjung. Jika memenuhi ketentuan, maka akan sangat mendukung perputaran ekonomi di pasar tersebut. Makanya, pihaknya mendorong pasar di Kendari harus ber-standar nasional Indonesia (SNI).

Di Sultra katanya, baru satu pasar SNI yakni Paddy’s Market Kendari yang ditetapkan langsung oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag) Desember tahun lalu. “Saya harap kedepan pasar-pasar lainnya bisa menyusul menjadi pasar SNI, pasar yang memiliki standar untuk kenyamanan pengunjung,” kata Sulkarnain Kadir.

Aktifitas jual-beli di pasar Sentral Mandonga. (LM SYUHADA RIDZKY)

Diakuinya, menajemen pengelolaan pasar masih harus diperbaiki. Salah satunya, pasar Sentral Mandonga. Makanya, ia meminta pengelolaan pasar di Kendari harus berbenah dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

“Khusus pasar Sentral Mandonga, kita akan bentuk tim evaluator terkait dengan kerjasama yang dilakukan antara Pemerintah Kota Kendari dengan pihak ke tiga. Mudah-mudahan nantinya akan ada rekomendasi yang bisa dilahirkan sehingga pemerintah bisa hadir menengahi masalah yang ada antara pedagang dan pihak ke tiga,” ujarnya. (ags)

Tinggalkan Balasan