Bansos Penyandang Disabilitas Tunggu Juknis

Dinsos Pastikan Tak Ada Pemotongan

KENDARINEWS.COM — Penyandang disabilitas di Kota Kendari harus bersabar. Hingga kini, Pemkot Kendari belum bisa memastikan kuota dan besaran bantuan sosial (Bansos) bagi penyandang disabilitas. Pasalnya, petunjuk teknis (Juknis) tentang penyalurannya tak kunjung diterbitkan. Namun dari informasi, penyaluran bansos penyandang disabilitas akan dimulai Maret 2022.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Kendari, Abdul Rauf mengatakan telah mengajukan data penerima bansos penyandang disabilits ke pusat. Saat ini, pihaknya masih menunggu hasil verifikasi Kementerian Sosial (Kemensos). Makanya, pihaknya belum bisa menaksir kuota dan besaran anggarannya.

Kepala Dinsos Kendari, Abdul Rauf

“Kita hanya mengajukan. Untuk penentuan siapa penerima bansos dan besarannya menjadi domain pusat. Jadi, kita tunggu saja prosesnya. Kalau sudah ada pasti akan disalurkan,” ujar Abdul Rauf saat dikonfirmasi Kendari Pos, Rabu (16/2).

Mantan Kabag Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Pemkot Kendari ini memastikan tidak ada pemotongan. Pasalnya, bantuannya akan diterima langsung penyandang disabilitas dengan cara ditransfer ke rekening penerima. Nantinya, pemerintah akan menunjuk salah satu bank sebagai penyalur bantuan.

Pada tahun 2021, bantuan yang disalurkan melalui program penyandang disabilitas di Kota Kendari sebesar Rp 1,5 miliar yang bersumber dari APBN. Sebenarnya, ada sebanyak 341 penyandang disabilitas yang mendapat bantuan. Namun karena dua orang meninggal, hanya 339 diantaranya yang menerima.

“Selain uang tunai, penyandang disabilitas juga menerima bantuan lainnya sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Diantaranya seperti kursi roda, alat dengar, tongkat keruk dan lain-lain,” jelas Abdul Rauf.

(b/m2)

Bansos Penyandang Disabilitas
-Usulan Telah Diajukan
-Kuota dan Besaran Domain Kemensos
-Tinggal Tunggu Juknis
-Dijadwalkan Bulan Maret 2022

Tahun 2021
-Anggaran Rp 1,5 Miliar
-Kuota 341 Penerima (339 Tersalurkan, 2 Meninggal)
-Selain Uang Tunai, ada Juga Kursi Roda, Alat Bantu Dengan, Tongkat dan Alat Bantu Lainnya Sesuai Kebutuhan

Tinggalkan Balasan