oleh

Penipuan Lelang Produk Murah di Sosmed Kian Marak

KENDARINEWS.COM — Aksi penipuan penjualan alat elektronik dengan harga murah di sosial media (Sosmed) bermodus lelang online, kian marak. Nama besar perusahaan plat merah berbendera, PT Pegadaian (Persero) berbasis di Jakarta “dijual” oleh pelaku untuk meyakinkan calon korban.

Ari, warga Kendari mengaku hampir menjadi korban penipuan oleh pihak yang mengaku sebagai utusan Pegadaian, karena tertarik produk elektronik murah yang dipasarkan di Sosmed. Namun ia mulai curiga saat akan mengunjungi toko penjualan, karena pelaku menyebut, barang dikenakan diskon bila dibeli secara online.

“Mereka mengatakan bila membeli di toko secara langsung, maka harga produk, tidak didiskon. Barang yang dijual dikenakan diskon, bila pembeli melakukan transaksi online. Saya langsung curiga, bila ini adalah aksi penipuan,” ungkapnya.

Salah seorang warga saat bertransaksi di Pegadaian Cabang Kendari. AGUS SETIAWAN/KENDARI NEWS

Sementara itu, Pimpinan PT Pegadaian (Persero) Cabang Kendari, Rahmat Saleh tak menampik jika pernah menerima laporan dari masyarakat tentang lelang barang berharga seperti kendaraan, emas, dan barang elektronik dengan harga murah. Modusnya bermacam-macam dengan mengatasnamakan Pegadaian.

“Saat ini banyak akun-akun Sosmed, yang mengatasnamakan Pegadaian dalam menawarkan lelang online. Sebaiknya masyarakat berhati-hati,” kata Rahmat Saleh, kemarin.

Rahmat menyarankan warga yang berminat membeli barang lelang sebaiknya datang langsung ke Kantor Pegadaian agar terhindar dari potensi penipuan. (ags/b)

Komentar

Tinggalkan Balasan