Tahun 2021, Pembangunan Jalan Lingkar Luar Dianggarkan Rp 86 Miliar


KENDARINEWS.COM — Pembangunan jalan lingkar luar (Outer Ring Road) Kendari berlanjut tahun ini. Mega proyek kolaborasi Pemkot dan Balan Pelaksanaan Jalan Nasional XXI Kendari ini sudah dianggarkan sekira Rp 86 miliar dan diprediksi akan dimulai pada Juni mendatang. Kehadiran Outer Ring Road diharapkan bisa memecah arus lalu lintas dalam kota sehingga bisa bebas dari kemacetan.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir menyambut baik progres jalan lingkar luar. Meski baru memasuki tahap tender, setidaknya pembangungan tidak mengalami penundaan seperti tahun lalu.

“Kami bersyukur proyeknya bisa berlanjut tahun ini dan tidak tertunda seperti tahun lalu akibat recofussing anggaran. Itulah yang menjadi alasan kami mengapa pengerjaannya dialihakan ke pusat. Tapi siapa pun yang itu, Outer Ring Road tetap akan menjadi kebanggaan masyarakat Kota Kendari,” katanya.

Terpisah, Kepala BPJN XXI Kendari Kendari, Yohanis Tulak Todingrara mengaku progres Outer Ring Road masih dalam proses tender. Pihaknya sendiri tenga menganggarkan sekira Rp 86 miliar. Yohanis tak menyebut detail bagian ruas jalan yang akan dikerjakan. Yang jelasnya, anggaran puluhan miliar itu diperuntukkan untuk membangun sekira 14 km jalan.

“Pagu dana dalam DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) itu sebesar Rp 86 milyar. Dengan taget panjang 14 km dan rencana dilaksanakan selama dua tahun anggaran yakni 2021 sampai 2022. Atau kontrak tahun jamak (Multyears Contract). saat ini dalam proses tender,” pungkasnya. (b/ags)

Outer Ringroad 2021
-Anggaran Rp 48 Miliar
-14 Kilometer Jalan
-Pengerjaannya Dimulai Juni
-Ditargetkan Rampung 2022

Enam Paket Pekerjaan Outer Ringroad
Jembatan Kuning -Tobimeita 3,6 Km 40 Persen
Jalan Batas Kota Tabanggele (Puuwatu) 2,9 Km 39 Persen
Simpang Tiga Jalan Budi Utomo (P2ID) 5,5 Km 38 Persen
Kelurahan Tobi Meita – Jalan Haluoleo 5,6 Km 52,50 Persen
Jalan Bungkutoko -Kendari New Port 1,3 Km 53 Persen
Akses KNP -Nambo 1,4 Km 37,2 Persen

Tinggalkan Balasan