Pekan Depan, Pengecoran Proyek RS Jantung Dimulai


KENDARINEWS.COM — Pasca penandatangan kontrak, pengerjaan Rumh Sakit (RS) Jantung dan Pembuluh Darah tahap II langsung dikebut. Setelah mobilisasi material dan alat berat, pengerjaan proyek senilai Rp 388 miliar ini telah dimulai. Saat ini, pihak konsorsium akan memulai pengecoran lantai 5 RS Jantung.

Kepala Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sultra, Pahri Yamsul mengatakan pengerjaan fisik telah mulai dilakukan setelah pinjaman dana PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) disetujui. Di saat yang bersama proses lelangnya rampung pada Februari 2021.

Pembangunan Rumah Sakit Jantung empat lantai di jalan Sam Ratulangi, Kendari. Pembangunan RS Jantung dan Pembuluh Darah di Kota Kendari akan menjadi rujukan di bagian Indonesia timur.

“Saat ini, scaffolding atau perancah struktur untuk pengecoran lantai 5 telah terpasang. Ditargetkan dalam waktu satu minggu kedepa, pihak kontraktor sudah akan mulai melakukan pengecoran lantai 5,” jelas Pahri Yamsul saat dikonfirmasi kepada Kendari Pos, Senin (24/5)

Meski pengerjaannya sempat terkendala pada proses peminjaman di PT SMI dan lamanya proses tender, namun ia optimis bisa dirampungkan sesuai rencana. Apalagi anggaran dan proses tendernya sudah tidak ada lagi masalah. Bangunan ini akan menjadi salah satu gedung tertinggi di Kota Kendari atau 17 lantai.

“Untuk lantai 5 hingga lantai 12 ditargetkan bakal selesai dalam waktu 18 bulan. Sementara untuk lantai 13 dan seterusnya bakal menyusul kemudian. Intinya dikerjakan secara multiyears, “ungkapnya.

Ia berharap cuaca dapat mendukung dalam proses pengerjaan bangunan, agar seluruh pekerjaan dapat dikebut dan mencapai target penyelesaian pada pertengahan tahun 2022. “Kita berharap cuaca bisa mendukung proses pengerjaan dilapangan. Sehingga prosedur bisa segera tuntas sesuai dengan target dan harapan kita bersama,” pungkasnya. (b/rah)

Pinjaman ke PT SMI
Konstruksi Gedung Rp 325 Miliar
Pengadaan Alat Kesehatan Rp 63 Miliar
Total Rp 388,8 Miliar

Pembangunan RS Jantung
-Rencananya 17 Lantai
-Total Anggaran Rp 396 Miliar
-Sumber Anggaran APBD 2019 dan Pinjaman
-Nomenklatur Multi Year

Tinggalkan Balasan